Pemkab HSS Banyak Salurkan Bantuan UMKM dan Tenaga Kerja

PEMERINTAH – Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS), maksimal dalam memberikan bantuan untuk para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), buruh pekerja industri kecil dan menengah (IKM), dan tenaga kerja lainnya dalam setahun ini.

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, Usaha Kecil dan Perindustrian (Disnakerkop UKP)Kabupaten HSS, Hendro Martono menjelaskan, pihaknya telah melakukan pendampingan pemasaran kepada pelaku UMKM secara online.

“Ada 24 UMKM yang mendapatkan pendampingan, agar usahanya terus berkembang di tengah pandemi Covid-19. Ke 24 UMKM ini diberi bantuan smartphone android untuk memasarkan produknya melalui media sosial,” ungkapnya.

Hendro mengaku, pihaknya mencoba optimal dalam pendampingan itu. Sebanyak 8 orang dari Disnakerkop UKP Kabupaten HSS yang akan menghandle para UMKM itu. Tidak hanya terkait pemasaran, namun kualitas atau rasa dari produk UMKM juga dibina.

Upaya lain, juga dilakukan Disnakerkop UKP untuk mengurangi pengangguran di Kabupaten HSS, salah satunya dengan meningkatkan skil para pemuda dengan program pelatihan servis AC.

Pelatihan servis AC dilaksanakan selama 10 hari, diikuti oleh 16 orang peserta. Peserta pelatihan juga diberikan bantuan peralatan servis AC.

Bupati HSS Achmad Fikry, mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Disnakerkop UKP, dalam upaya melakukan pendampingan kepada para pelaku UMKM di Kabupaten HSS untuk pemasaran secara online.

Berita Lainnya
1 dari 387

Terkait pelatihan servis AC, Achmad Fikry menuturkan, AC saat ini sudah menjadi kebutuhan. Sehingga permintaan jasa servis AC cukup tinggi.

Ia berujar, terkadang dengan banyaknya permintaan servis AC, membuat para tukang servis sedikit jual mahal. “Sekarang dengan adanya 16 orang yang dilatih ini tentu akan bersaing, tidak ada lagi yang menolak begitu ada permintaan servis langsung bisa dilayani,” harap Achmad Fikry.

Pihaknya juga menyerahkan bantuan presiden untuk pelaku usaha mikro (BPUM), kepada sebanyak 9.814 pelaku usaha. Sebelumnya, usulan yang disampaikanPemkab HSS sebanyak 11.885, yang kemudian dilakukan verifikasi langsung oleh Kementrian Koperasidan UKM.

Selain itu, juga disalurkan bantuan dari Premarital Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel), untuk para pekerja industri kecil sebanyak 168 orang dengan jumlah bantuan sebesar Rp 100 ribu per orang.

Disnakerkop UKP Kabupaten HSS juga memberikan pendampingan bagi wira usaha pemula, sehingga 19 orang mendapatkan bantuan dari Kementerian Usaha Kecil dan Menengah (KUKM). Total bantuan sebesarRp 215 juta, dengan masing-masing mendapatkan 10 sampai 15 juta rupiah.

Disnakerkop UKP Kabupaten HSS juga melakukan pembinaan kepada 7 IKM yang bergerak di bidang konveksi.

Selama 5 hari didampingi instruktur local dan andal serta dari Dinas Kesehatan, untuk belajar membuat baju hazmat. Hasilnya, sebanyak 65 unit baju hazmat level 2 buatan IKM binaan itu disumbangkan untuk penanganan Covid-19 di Kabupaten HSS, Rabu (17/6/2020) lalu.

Bahkan, Disnakerkop memfasilitasi pendaftaran kartu prakerja, bagi masyarakat yang tidak memiliki sarana sendiri. Sebanyak 119 orang yang terverifikasi lolos, diserahkan secara simbolis oleh Bupati Achmad Fikry, Rabu (20/5/2020) lalu di Kantor Cabang Pembantu (KCP) BNI Kandangan.

Bupati Achmad Fikry berharap, berbagai bantuan yang diserahkan untuk para pelaku UMKM dan tenaga kerja, bisa dimanfaatkan untuk menambah modal usaha. (**)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya