Peradaban Hidup Tabalong Tidak Rendah

Tanjung, KP – Melihat kemajuan dari waktu kewaktu, terbukti bahwa tarap peradaban masyarakat di Kabupaten Tabalong tinggi, termasuk dalam pengelolaan sampah dalam rangka peningkatan kinerja adipura.

Hal itu, sebagaimana diungkapkan Bupati Tabalong Drs H Anang Syakhfiani M.Si, saat menyampaikan sambutannya di kegiatan sosialisasi peningkatan kinerja adipura dan pengelolaan sampah tahun 2020, belum lama tadi di Aula Pendopo Bersinar Pembataan Tanjung.

Dalam sambutannya hari itu, Anang menyampaikan apresiasi kepada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tabalong, atas terselenggaranya kegiatan sosilisasi dan terlebih kepada kelompok masyarakat pelaku kegiatan penanganan persampahan di lapangan, pelaku-pelaku titik pantau, termasuk para kepala sekolah adiwiyata. “Kebersihan, pengelolaan sampah, penanaman pohon peneduh itu adalah indikator yang paling sederhana kalau kita ingin melihat tentang tingkat peradaban manusia di daerah tersebut,” ujarnya.

Berita Lainnya

Simpan Sabu, 2 Karyawan Perusahaan Ditangkap

1 dari 288

“Jadi, kalau tingkat peradabannya rendah, pasti pengelolaan sampahnya tidak baik disana sini masih tandus. Syukurlah di Tabalong dari waktu kewaktu terus ada peningkatan, baik kebersihan, penanaman pohon peneduh dan sebagainya. Itu artinya, kita tidak mau dikatakan sebagai manusia yang tingkat peradabannya rendah,” ujar Anang.

Lebih lanjut, Bupati Tabalong ini menyampaikan bahwa persoalan sampah, persoalan kebersihan, dan persoalan penanaman pohon ini tidak pernah selesai, karena manusia semakin bertambah dan terus berganti. “Dua tahun terakhir ini di Kabupaten Tabalong telah tumbuh kesadaran masyarakat untuk penanganan kebersihan dilingkungannya masing, terbukti dengan banyaknya masyarakat yang meminta dibuatkan TPS 3 R dilingkungannya,” demikian pungkas Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani.

Kegiatan tersebut diikuti oleh sebanyak 100 orang peserta masyarakat pelaku usaha dan kelompok organisasi masyarakat pengelola sampah di Kabupaten Tabalong.

Sosialisasi sendiri melibatkan beberapa nara sumber, di antaranya Kepala DLH Kabupaten Tabalong, Rowi Rawatianice, dan Kepala DLH Provinsi Kalimantan Selatan, Hanifah Dwi Nirwana.

Kegiatan dilaksanakan dengan berdiskusi dan penandatanganan prasasti dua TPS 3R, kemudian penyerahan piagam penghargaan dan sejumlah uang pembinaan kepada juara lomba kinerja bank sampah terbaik, tahun 2020 oleh Bupati Tabalong. (ros/K-6)
 

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya