Dilanda Banjir Kiriman, Ibnu Harap Warga Bersabar dan Waspada

Banjarmasin, KP – Beberapa hari kebelakang, debit air sungai yang ada di Kota Banjarmasin mengalami peningkatan permukaan. Alhasil hampir setiap malam beberapa kawasan terendam air hingga masuk ke dalam rumah warga.

Melihat kondisi tersebut, Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina, mengimbau kepada warga Kota Banjarmasin agar tidak panik dan khawatir atas kondisi yang tengah melanda Ibu Kota Provinsi Kalimantan Selatan ini.

Orang nomor satu di Bumi Kayuh Baimbai ini juga berharap agar warga bisa bersabar dalam menghadapi banjir kiriman dari daerah lain yang saat ini terjadi.

Walau saat ini beberapa wilayah, khususnya yang berada di bantaran sungai, volume air mulai meningkat hingga merendam beberapa pemukiman penduduk, Ibnu menyerukan agar warga tetap waspada.

“Kepada masyarakat kami harap bersabar, jangan menyalahkan siapapun. Kita ini masih bersyukur Banjarmasin tidak seperti daerah lain yang banjir,” ucap Ibnu saat ditemui awak media di Balai Kota Banjarmasin, Rabu, (13/01) siang

Menurutnya, Banjarmasin saat ini bukan mengalami kebanjiran, akan tetapi karena adanya kiriman air dari daerah lain yang membuat debit air di kota seribu sungai ini meningkat.

Berita Lainnya
1 dari 2.126

“Kondisi ini karena airnya kiriman. Memang di Banjarmasin ini tidak ada banjir, hanya calap atau genangan saja, nanti juga surut lagi,” tuturnya.

Kendati demikian, Ibnu masih belum menjadikan Kota Banjarmasin berstatus waspada banjir, karena menurutnya bencana di Banjarmasin saat ini adalah Pandemi Covid-19.

“Saat ini status kita masih belum bencana. Bencana kita saat ini adalah Covid-19. Sampai hari ini BPBD kita juga masih siaga,” ujarnya

Ia menilai, meningkatnya volume air dikarenakan situasi alam yang saat ini tidak menentu, apalagi curah hujan yang masih tinggi dan pengaruh badai La Nina yang masih belum mereda.

Disamping itu, ia meminta agar masyarakat ikut berpartisipasi membersihkan saluran air, menjaga kebersihan lingkungan dan sebagainya guna meminimalisir terjadinya genangan.

“Saat ini memang curah hujan dan debit air meningkat, jadi kita perintahkan kepada Camat, Lurah dan petugas kebersihan untuk membersihkan saluran air, gorong-gorong dan lainnya supaya tidak ada sumbatan lagi,” imbuhnya. (Zak/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya