Dispersip Webinar Penyelamatan Arsip Pemilu

Banjarmasin, KP – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan akan menggelar Webinar dengan tema “Penyelamatan Arsip Pemilu di Kalimantan Selatan” pada Kamis (14/1) mendatang.

Kepala Dispersip Kalsel Hj Nurliani Dardie Nurliani mengatakan, dalam konteks perjalanan bangsa dan negara, pelaksanaan Pilkada pada khususnya dan Pemilu pada umumnya merupakan momentum yang sangat bermakna karena mentukan figur-figur pemimpin, baik nasional maupun daerah.

Berita Lainnya
1 dari 2.996

“Alhamdulillah sekitar sebulan yang lalu telah dilangsungkan Pemilukada serentak di 270 daerah, 8 daerah diantaranya di Kalimantan Selatan, yakni Provinsi Kalimantan Selatan, Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Kabupaten Balangan, Kabupaten Tanah Bumbu, Kabupaten Kotabaru, Kabupaten Banjar, dan Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Tahapan Pilkada tersebut masih terus berjalan,” katanya.

Dikatakannya pula dalam sejarah Pemilu di Era Reformasi ini adalah yang paling rumit setelah Pemilu Pertama Tahun 1955 dan Pemilu Era Orde Baru. Jejak pelaksanaan Pemilu ini tentunya harus diwariskan kepada generasi mendatang karena merupakan gambaran obyektif tentang sejarah politik dari masa kemasa sesuai jamannya.

“Gambaran obyektif tentang pelaksanaan Pemilu tersebut hanya dapat dibaca dan dipelajari dari arsip yang diselamatkan, dilestarikan dan dimanfaatkan. Hal inilah yang melatarbelakangi dilaksanakannya Webinar tersebut,” jelasnya.

Dalam Webinar Penyelamatan Arsip Pemilu di Kalimantan Selatan itu nantinya adalah Direktur Akuisisi Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Rudi Anton dan Koordinator Arsip I ANRI, Pujiarto. (fin/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya