Jalan Menuju Desa Rahaden Jadi Kubangan Lumpur

Muara Teweh, KP – Jalan sepanjang 11 kilometer menuju Desa Rahaden Kecamatan Lahei, Kabupaten Barito Utara (Barut) mengalami rusak parak, apalagi saat musim penghujan ini membuat jalan menjadi kubangan lumpur.

Hal ini membuat warga kesulitan mengangkut sembako dari kota ke desa, karena ada beberapa titik jalan sepanjang 11 kilometer mengalami rusak parah dan berlumpur akibatnya susah untuk dilewati.

“Ini akses jalan darat satu- satunya menuju desa, kondisinya kini rusak parah. Padahal jalan inilah sebagai transpotasi warga mengangkut sembako ke desa,” ujar Hardianto, Kepala Desa Rahaden, Minggu (3/1).

Dijelaskannya, akibat jalan rusak ini diakibatkan curah hujan cukup tinggi seperti saat ini, jalan ini semakin sulit dilewati. Hanya mobil double gardan. Itupun bersusah payah melintasi jalan kubangan di tanah merah.

Berita Lainnya
1 dari 141

Pihaknya berharap ada perhatian dari pemerintah melalui intansi terkait dan juga pihak perusahaan swasta yang beroperasi di desa kami untuk memperbaiki. karena selama ini perbaikan jalan sepanjang 11 kilometer ini swadya masyarakat dan melalui dana desa.

Menurutnya, pihak aparat desa selalu mencari solusi untuk segera melakukan perbaikan melalui pihak perusahaan batubara PT Tamtama Perkasa dan juga kepada pemerintah daerah. Tapi kami tak berharap banyak dengan perusahaan tambang itu karena mereka belum beroperasi. Dan kemarin kami sudah mendatangi kantor PUPR minta penanganan jalan, namun belum ada respon.

“Adapun, Kadis PU tidak berani jawab terkait penanganan kerusakan jalan menuju Desa Rahaden karena alasan mobilisasi alat terlalu jauh,” kata Hardianto.

Terus terang, kami hampir putus asa kemana lagi harus meminta pertolongan. Upaya desa, satu kilometer dari sebelas sudah kami lakukan semenisasi. Dan harusnya di tahun kemaren sepuluh kilometernya mau diampar pasir okes. Tetapi terkendala karena harus menyalurkan bantuan langsung tunai dampak Pandemi Covid-19. (asa/K-10)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya