Jurnalis PJ 13 Tanbu Droping Bantuan Warga Terdampak Banjir

Batulicin, KP – Kaki `ulun’ (saya-red) bengkak. Selama ulun di sini baru kali ini bajir seperti ini  meredam sampai  masuk kedalam rumah kami. Ini pengakuan Harlina Ibu rumah tangga salah satu warga terdampak banjir di Desa Sungai Lulut saat belasan media PJ 13 menyerahkan bantuan banjir di desa ini Minggu 24/1/2021.  

Sahril juga mengemukan hal sama, baru kali ini banjir seperti ini, ungkapnya. Banjir di sejumlah tempat di beberapa kabupaten dikalimantan selatan banyak menyisakan kesulitan warga melaksnakan aktivitas dan penuhan kebutuhan hingga harus mengungsi kerumah sanak keluarga nya yang tidak terdampak banjir.

Menyimak keluhan warga didesa ini semakin semngat rekan rekan jurnalis dari PJ 13 untuk menyampaikan batuan ke lima posko pengungsian di Kelurahan Sungai Lulut, kecamatan Sungai Tabuk, kabupaten Banjar, Minggu 24/1/2021 siang. 

Satu persatu kardus dan karung berisi beras, mie instan, minyak goreng, sarden, air mineral, popok bayi, obat nyamuk bakar dan pakaian bekas layak pakai diserahkan kepada warga terdampak banjir di lokasi itu.

Jurnalis terpaksa menembus banjir karena kawasan yang datangi masih terendam air hingga ke jalan raya.

“Tak apa celana basah, kita harus totalitas dalam menunaikan tanggung jawab kemanusiaan ini,” ucap abdi salah satu dari anggota Jurnalis PJ13, sembari memikul tiga kardus mie innstan ditengah genangan air.

Menurutnya, aksi peduli ini merupakan tanggungjawab semua pihak, tak terkecuali awak media.

Ia mengaku, bantuan yang disalurkan mereka merupakan donasi masyarakat dan mitra kerja jurnalis PJ13 di Tanah Bumbu digalang demi aksi kemanusiaan bagi korban banjir. 

Berita Lainnya
1 dari 422

“Penggalangan berlangsung selama beberapa, dan berhasil mengumpulkan dana donasi belasan juta rupiah. Semua dana kami belikan bahan pokok yang dibutuhkan korban banjir,” lanjutnya. 

Ia berharap, penyaluran bantuan ini mampu meringankan sedikit beban masyarakat terdampak, dan bermanfaat bagi semuanya.  Anggota DPRD Banjar asal Kelurahan Sungai Lulut Kecamatan Sungai Tabuk, Saidan Pahmi mengaku sangat mengapresiasi perhatian dari Jurnalis Tanah Bumbu yang tergabung di PJ13 terhadap warga terdampak banjir di daerahnya.  

Lebih lagi, dikatakan dia, bencana banjir bukan hanya terjadi di Kabupaten Banjar. Melainkan juga terjadi di daerah lain. 

“Kawan-kawan jurnalis PJ13 memilih mendistribusikan bantuan untuk warga Kelurahan Sungai Lulut disini sangat menyentuh,” ucap legislator senior Partai Demokrat Kabupaten Banjar ini.

Sementara, komunitas jurnalis di Kabupaten Banjar merasa bangga rekan-rekan sesama jurnalis dari Tanbu dan Kotabaru ikut peduli dengan korban banjir di Sungai Lulut dan Kabupaten Banjar.

“Ini berarti jurnalis tak sekadar bisa meliput peristiwa dan sejarah, melainkan mampu aktif dalam bakti sosial selayaknya para petugas dan relawan penanggulangan bencana,” kata Wartawan senior di Kabupaten Banjar, Adi Permana.

Ia berharap, kegiatan ini bermanfaat bagi sesama dan sebagai motivator bagi para jurnalis untuk cinta dengan profesinya dan mencintai sesama manusia meski berbeda daerah maupun profesinya.

“Saya mewakili warga Kelurahan Sungai Lulut terdampak banjir sangat berterimakasih dengan kawan-kawan jurnalis asal Kabupaten Tanah Bumbu,” ungkap dia. (han)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya