Masih Ada Pengungsi, Relawan Ingin Tutup Posko Pengungsian Terminal KM 6

Banjarmasin, KP – Jumlah pengungsi korban banjir di Terminal KM 6 Banjarmasin, mulai berkurang, seiring mulai berangsur surutnya air yang merendam di sejumlah kawasan, khususnya di Kecamatan Banjarmasin Timur.

Dari pantauan awak media, Jumat pagi (29/1/21), beberapa buah kios kios yang sebelumnya dijadikan tempat warga yang terdampak banjir untuk mengungsi, sudah mulai kosong.

Namun, di beberapa kios masih terdapat pengungsi yang memilih bertahan di gedung kios milik Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan itu.

Seperti yang dikatakan Rosita, ia memilih bertahan di lokasi pengungsian lantaran pemukiman tempat ia tinggal masih terendam.

“Sebenarnya mau pulang, tapi rumah masih tergenang. Apalagi dari pihak sini informasinya sudah menyuruh pulang besok,” ucap warga Tanjung Pura RT 28 itu

Wanita yang sudah memiliki 2 cucu ini mengaku, sangat menyayangkan jika posko pengungsian di Terminal KM 6 ini memang benar akan ditutup pada Sabtu (30/1) besok.

Guna memastikan kebenaran bahwa posko pengungsian di Terminal KM 6 akan ditutup, awak media mencoba mengkonfirmasi pada Koordinator Relawan Terminal KM 6 Banjarmasin, Yan Sirani.

Berita Lainnya

Satu Maret Vaksinasi Tahap II Dimulai

1 dari 2.382

“Soalnya kan kondisi lingkungan rumah yang mengungsi di sini sudah bagus, sudah bisa ditempati. Jadi mereka kembali ke tempat masing-masing,” ungkapnya.

Ia memastikan pada Sabtu besok, para pengungsi sudah mulai meninggalkan lokasi pengungsian.

“Ini sudah bertahap orang yang pulang, jadi besok terakhir ini kami menampung,” ujarnya.

Menurutnya, bagi warga yang masih memilih bertahan, pihaknya akan menyiapkan tempat baru yang berdekatan dengan posko atau dapur umum relawan.

Pernyataan berbeda justru disampaikan oleh, Kepala Seksi Wilayah 1 Terminal Tipe B KM 6, Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Selatan, Hamdani.

Ia membeberkan, pihaknya masih belum menutup lokasi tersebut untuk dijadikan pengungsian. Menurutnya, hal itu dikarenakan masih adanya beberapa pengungsi yang memilih bertahan.

“Tetap buka, karena masih belum ada pemberitahuan untuk dikosongkan. Juga karena masih ada lokasi di belakang terminal yang tergenang banjir. Jadi masih ada yang mengungsi,” terangnya singkat..

Dari data yang dihimpun awak media, hingga hari ke 14 ini, masih terdapat sekitar 125 jiwa atau 33 Kepala Keluarga yang masih mengungsi di gedung kios Terminal KM 6. (Zak/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya