Over Kapasitas, Pengungsi Terpaksa Tidur di Lorong Kios Terminal KM 6

Banjarmasin, KP – Dari sekian banyak lokasi yang menjadi pengungsian, gedung Terminal Tipe B Kilometer 6 menjadi salah satu lokasi yang dipilih untuk dijadikan tempat istirahat sementara bagi para penyintas bencana banjir di Kota Banjarmasin.

Namun sayangnya, berdasarkan pantauan Kalimantan Post di lapangan, Rabu (20/01) siang, gedung yang berfungsi sebagai kios jualan di lokasi tersebut kondisinya sudah penuh bahkan over kapasitas.

Bahkan terlihat beberapa keluarga terpaksa tidur di lorong gedung.

Kepala UPTD Terminal Tipe B Provinsi Kalsel, Rusma Khazairin membenarkan bahwa saat ini tempat gedung yang dikelolanya tersebut sudah melebihi kapasitas.

Ia mengatakan, sampai saat ini sudah ada 115 Kepala Keluarga (KK) atau 504 jiwa yang mengungsi di gedung tersebut. Sedangkan kapasitas gedung hanya mampu menampung paling tidak setengahnya.

Berita Lainnya
1 dari 2.376

“Disini cuma ada 107 kios. Sebagian kios ada yang diisi oleh dua keluarga,” tukasnya.

Disamping itu, pria dengan sapaan Rusma itupun mengakui jika protokol kesehatan di tempat tersebut tidak bisa terpaksa tidak bisa terlaksanakan dengan benar.

menurutnya, hal itu dikarenakan kondisi pengungsian yang sudah berdesakan, sehingga protokol kesehatan (Prokes) pencegahan Covid-19 tidak bisa diterapkan dengan baik.

Oleh karena itu, Ia meminta Dinas Kesehatan (Dinkes) kota Banjarmasin, untuk turut memperhatikan kondisi kesehatan warga di pengungsian. Baik itu mengenai penularan virus maupun penyakit lainnya yang biasa diderita ketika terjadi banjir.

“Kita harapkan Dinkes juga perlu berperan aktif dalam memeriksa warga di sini. Prokes juga tidak bisa dijalankan lagi karena kondisinya sudah darurat,” tutupnya.

Untuk diketahui, gedung milik Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan itu sudah cukup lama digunakan sebagai tempat pengungsian warga yang terdampak banjir. Utamanya warga yang di wilayah Kecamatan Banjarmasin Timur.(Zak/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya