Pasca-Banjir Perlu Pemulihan Trauma Masyarakat

Berita Lainnya

Satgas Belum Rekomendasikan PTM

1 dari 3.201

Banjarmasin, KP – Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kalsel, H Iberahim Noor meminta pemerintah daerah melakukan penanganan pemulihan pasca banjir, terutama trauma pada korban terdampak banjir.
“Karena hampir di seluruh daerah terdampak banjir, warganya mengalami trauma, terutama pada anak-anak, ibu dan lainnya,” kata Iberahim kepada wartawan, kemarin, di Banjarmasin.
Jadi, penanganan pasca banjir tidak hanya menyangkut infrakstruktur yang rusak, namun juga trauma yang dialami korban terdampak banjir.
Hal ini berdasarkan hasil kunjungan kerja Komisi IV DPRD Kalsel ke beberapa daerah banjir, terutama di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), yang banyak mengalami kerusakan infrastruktur.
“Banyak ditemukan sampah menumpuk maupun kerusakan infrastruktur pada sekolah, jalan dan jembatan,” ungkap politisi Partai NasDem ini.
Iberahim menambahkan, di lapangan banyak ditemukan masalah sampah yang berserakan, perumahan yang tergerus dibawa air memerlukan bantuan dari pemerintah pusat dan daerah untuk membangun kembali fasilitas tersebut agar bisa digunakan kembali.
“Akibat banjir ini, perlu juga pemulihan trauma anak-anak, ibu agar ada hiburan bagi mereka,” ujar Iberahim.
Saat ini, yang paling mendesak untuk penanganan pascabanjir, yaitu pengerahan alat berat untuk membantu pemulihan secepatnya wilayah yang terisolir.
“Kalau menunggu dari Banjarmasin akan kesulitan, jadi kerahkan alat berat dari daerah sekitarnya saja,” jelasnya.
Apalagi pihaknya melihat kondisi pascabanjir di Kota Barabai Kabupaten HST. Di sana sangat parah, karena masih tidak bisa dilalui mobil besar. Hanya kendaraan roda dua yang bisa masuk ke pelosok tersebut. (lyn/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya