Pemkab Bartim Terima Vaksin Sinovac

Tamiang Layang ,KP – Pemkab Barito Timur, melalui Dinas Kesehatan setempat menerima 600 vaksin COVID-19 bernama Sinovac dalam kemasan 16 Kotak 40 Ampul.

Sebanyak 600 vaksin itu didistribusikan ke Bartim, dan bukan 776 vaksin seperti yang diberitakan sebelumnya.

“Bantuan vaksin kita terima kemarin dari Pemprov Kalteng dan sudah kita simpan di pendingin di Gudang Farmasi Dinkes Bartim. Untuk vaksin tersebut akan kita terima secara bertahap. Rencana diterima estimasinya sebanyak 1.000 vaksin,” kata Kepala Dinas Kesehatan Bartim dr Jimmi WS Hutagalung di Tamiang Layang, Selasa ( 12/1/2021 )

Menurutnya, vaksinasi tahap awal diprioritaskan bagi tenaga kesehatan karena sebagai barisan terdepan yang rentan terinfeksi dalam penanganan COVID-19.

Berita Lainnya
1 dari 115

Dinkes juga sudah menyiapkan tenaga atau petugas kesehatan yang akan melakukan penyuntikan vaksin Sinovac itu. Dari segi tempat penyimpanan, sudah dalam kategori aman, artinya walaupun listrik padam pendingin tetap bisa menjaga suhu dingin sehingga kondisi dan isi kandungan vaksin tetap terjaga.

Walaupun sudah diterima, pelaksanaan vaksinasi masih menunggu informasi lebih lanjut dari Pemerintah Pusat dan Pemprov Kalteng, karena ada perubahan jadwal pelaksanaan vaksinasi saja.

“Untuk vaksinasi kepada Bupati dan Wakil Bupati Bartim dan FKPD beserta lainnya ditunda hingga ada jadwal dari Pemprov Kalteng,” kata dr.Jimmi di Tamiang Layang

Sinovac menggunakan partikel virus yang sudah dimatikan guna mengekspos sistem imun tubuh terhadap virus tanpa resiko penyakit serius sehingga memiliki tingkat keamanan terhadap efikasinya.

“Walapun vaksin sudah tiba, bukan berarti pandemi COVID-19 berakhir. Masyarakat harus tetap disiplin memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak, karena pencegahan adalah hal utama yang bisa dilakukan setiap orang dalam melindungi diri,” kata Jimmi. (vna/k-10)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya