PUPR Fokuskan Penanganan Pemukiman Tergenang Banjir

Banjarmasin, KP – Pemko Banjarmasin terus berusaha untuk mengatasi penanganan banjir di kota ini. Terutama di sejumlah pemukiman warga yang hingga kini masih terendam.

” Sekarang ini kita sedang memfokuskan untuk mengupayakan bagaimana sejumlah pemukiman yang masih tergenang banjir air cepat surut,” kata Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Banjarmasin Windiasti Kartika.

Kepada sejumlah awak media, Senin (25/1/2921) ia menjelaskan, terkait upaya mengatasi masih tergenangnya air di sejumlah wilayah pemukiman warga ini, DPUPR menjalin kerjasama dengan pengusaha atau pihak swasta.

Menurutnya, kondisi geografi Kota Banjarmasin yang datar dan rendah membuat sejumlah wilayah tergenang, sehingga untuk mengalir atau membuang air lebih cepat dilakukan dengan sistem pompa untuk disalurkan ke sungai.

Selain dataran rendah Windiasti, masih cukup banyak sungai dan drainase yang tidak berfungsi dengan baik, akibat dipenuhi sampah dan sejumlah pendirian bangunan sehingga membuat aliran pembuang air tersumbat.

Berita Lainnya

Vitamin Gratis Selfii untuk Warga Isoman

1 dari 3.218

“Ke depan baik program jangka pendek, menengah dan jangka panjang seluruh bangunan yang menutup saluran air baik drainase dan sungai ini akan dibongkar”, ujarnya usai rapat kerja dengar pendapat membahas penanganan banjir dengan komisi III DPRD Kota Banjarmasin.

Disebutkannya, terkait pembongkaran bangunan yang menutup saluran air baik drainase dan sungai ini secara bertahap sudah dilakukan.

” Seperi dibongkarnya beberapa kios di samping Pasar Kuripan yang dinilai menghambat aliran sungai Veteran serta dibongkarnya halaman ruko dan bangunan lainnya di kawasan Jalan A Yani Km 4,5, ” ujarnya.

Terkait program lainnya Windiati mengungkapkan, Pemko Banjarmasin akan membangun pintu air di muara Sungai Veteran.

Hingga saat ini lanjutnya, Kota Banjarmasin baru memiliki satu pintu air di Muara Sungai Tatas, samping SPBU Masjid Raya Sabilal Muhtadin dan Jalan RE Martadinata samping kantor walikota. (nid/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya