Rumah Rusak Berat Akibat Banjir Dibantu Rp50 Juta

Berita Lainnya
1 dari 1.211

Banjarmasin, KP – Presiden RI, Joko Widodo, para korban banjir diberikan dana stimulan untuk perbaikan rumah warga yang terdampak banjir di Kalsel.
Sebagaimana diketahui banyak rumah di Kalsel yang rusak akibat banjir. Pemerintah pusat memastikan membantu pendanaan perbaikan rumah terdampak banjir.
Hal ini disampaikan Kepala Badan Nasional Penganggulangan Bencana (BNPB) Pusat, Doni Monardo, usai rapat bersama pemangku kepentingan di Kalsel, Minggu (17/1) malam di Gedung Mahligai Pancasila.
“Rp 50 juta untuk rusak berat, Rp25 juta rusak sedang, dan Rp10 juta rusak ringan. Kami minta untuk disusun organisasi yang bisa menangani kondisi tanggap darurat ini sampai nanti proses rehabilitasi dan rekontruksi dilakukan terutama untuk perbaikan infrastruktur dan rumah-rumah warga yang terdampak,” tuturnya.
Ia menambahkan, pemerintah juga berusaha melakukan penanggulangan serta mencari akar permasalahan dari musibah banjir ini.
Dia juga meyakinkan kepada masyarakat bahawa setiap daerah yang mengalami bencana pasti akan menjadi perhatian dan mendapat dukungan dari Pemerintah Pusat.
“Kami akan menyusun suatu tim gabungan dari berbagai kementrian dan lembaga serta pakar di bidang ekosistem mencari akar masalah banjir ini,” tuturnya.
Ia juga meminta korban banjir dipisahkan sesuai dengan kategori. “Kondisi bencana yang terjadi selama seminggu terakhir harus diantisipasi dengan lebih baik lagi khususnya yang berada di wilayah pengungsian. Saya mengingatkan kepada pejabat yang hadir, untuk bisa mengatur dan memisahkan antara kelompok rentan dengan kelompok yang masih muda,” pungkasnya.(mns/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya