Warga HSU Lirik Bubidaya Media Hidroponik Di Tengah Pandemi

Foto : Dok

Amuntai, KP – Budidaya tanaman sayuran dengan media hidroponik nampaknya menjadi daya tarik warga di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) untuk dikembangkan karena dinilai cukup menjanjikan sebagai penghasilan.

Hal itu sebagaimana yang ditekuni salah satu warga Amuntai Tengah, Kabupaten HSU, yaitu Hamdani Rahman yang mencoba mengambangkan budidaya hydroponic.

Menurut Rahman di saat pandemic wabah Covid 19 kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga gizi seimbang semakin meningkatkan. Oleh karena itu sayur- sayuran nampaknya juga semakin diminati masyarakat.

Hamdani Rahman yang berdomisili di Desa Pelampitan Hulu, Kecamatan Amuntai tengah, mencoba keberuntungan menekuni usaha budidaya sayuran hidroponik hampir setahun telah merasakan hasilnya.

Berawal dari keinginannya untuk memiliki penghasilan tambahan dan membantu perekonomian keluarganya, dirinya mencoba mempelajari beberapa buku dari sosial media tentang pembudidayaan tanaman sayuran hidroponik. Pelan-pelan akhirnya bisa membuahkan hasil dan menjadikan salah satu sumber penghasilan.

Berita Lainnya
1 dari 293

Dirinya mengakui, kesadaran masyarakat akan pola hidup sehat saat pandemi Covid-19 membuat permintaan sayur dari kebun hidroponik dari hari ke hari terus mengalami peningkatan permintaan.

“Sayuran hidroponik lebih menghasilkan produk relatif lebih segar dan kita hanya menggunakan pestisida alami seperti bawang putih yang diblender.” jelas Hamdani.

Untuk harga, karena kualitas sayur hidroponik lebih baik, membuat harganya cenderung relatif lebih mahal, hal itu sayuran hidroponik memiliki konsumen pasar tersendiri.

“Segmen pasar sayuran ini, selain dibeli perorangan, banyak juga dari mereka adalah resto lokal dan pedagang kuliner lain seperti penjual kebab dan burger,” tutur Hamdani.

Jenis sayuran yang dibudidayakan berbagai macam seperti,selada dan sawi sendok atau pakcoy.

Hamdani juga menambahkan bahwa usaha budidaya sayuran hidroponik ini sangat tepat dan cocok di wilayahnya serta tidak perlu menggunakan lahan yang besar. (nov/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya