Tiga Peserta Terbaik Lomba Bercerita Dari Dispusip Tanah Laut

Pelaihari, KP – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kabupaten Tanah Laut menggelar Final (3 Besar) lomba bercerita anak untuk tingkat Sekolah Dasar (SD)/Sederajat.

Sebelumnya, sejak tanggal 2 – 17 Maret 2021 DISPUSIP Kabupaten Tanah Laut menggelar lomba bercerita ini secara online yakni peserta wajib mengisi data diri lewat link yang telah disediakan oleh panitia lomba yang diiringi dengan upload video bercerita oleh peserta lomba.

“Hari ini kita melaksanakan kegiatan fInal lomba bercerita tingkat SD/Sederajat, yang telah mendapatkan hasil sebanyak 3 terbaik dan kemudian akan dinilai langsung oleh dewan juri pada hari ini,” ujar Kepala DISPUSIP Kabupaten Tanah Laut A.M. Rhoedy Erhansyah, saat beliau memberikan sambutan pembukaan acara lomba pada Rabu (24/3).

Kegiatan tersebut sebagai upaya mengembangkan dan pembudayaan kegemaran membaca bagi anak-anak.

Selain itu, lomba ini bertujuan menumbuhkan kembangkan minat dan kegemaran membaca serta menulis melalui berbagai bacaan untuk menanamkan rasa cinta akan budaya lokal lewat cerita khas lokal. Pemenang lomba bercerita ini juga nantinya akan dipersiapkan untuk mengikuti Lomba Bercerita tingkat Provinsi se-Kalimantan Selatan.

Berita Lainnya
1 dari 443

“Mudah-mudahan kita siap secara fisik maupun mental dan dapat tampil dengan baik saat lomba bercerita tingkat provinsi nanti,” ujar Kepala DISPUSIP.

Lomba bercerita tingkat SD/MI adalah agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahun oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (RI) yang pelaksanaannya akan dilakukan berjenjang mulai dari lomba tingkat kecamatan, Tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi dan terakhir dilaksanakan di tingkat Nasional.

Lebih lanjut, Ali Syamsudin Arsi yang akrab dipanggil Bang Asa selaku dewan juri dlama sambutannya juga mengingatkan kepada peserta agar memperhatikan kejelasan pengucapan dalam bercerita.

“Yang paling penting untuk peserta, agar diperhatikan jelasnya, pengucapannya jelas, bukan hanya ceritanya saja, perhatikan bagaimana pengucapan vokal A I U E O,” ujarnya.

Kendati pelaksanaan lomba yang dilakukan di tengah pandemi Covid-19 ini, baik para peserta, pendamping maupun panitia tetap menerapkan protokol kesehatan seperti pengecekkan suhu tubuh, penggunaan hand sanitizer hingga wajib masker.

Adapun pemenang pertama dari lomba bercerita ini adalah El Shyfa Chera Azzahra dari UPTD SDN 1 GUNUNG MELATI, pemenang kedua Ghifroini Tibyan Elsakina dari UPTD SDN 4 ANGSAU, dan pemenang ketiga Adilla Khujjah Al Khalisah dari MIN 2 Tanah Laut. (rzk/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya