TMMD 110 sebagai Wujud Sinergi Membangun Negeri

Banjarmasin, KP – Wujud sinergi membangun negeri melalui TMMD 110, pasukan Korem 101/Antasari dan jajaran kembali membuat fasilitas jalan untuk membuka desa terisolir.

Danrem 101/Antasari, Brigjen TNI Firmansyah mengatakan, selain desa di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), sasaran TMMD juga Desa Lok Batu Kecamatan Haruai Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan.

Ia mengatakan, Desa Lok Batu merupakan desa yang tertinggal/terisolasi diantara desa-desa lain serta tidak memiliki akses tersendiri ke jalan raya. “Apabila masyarakat ingin keluar ke jalan raya harus berputar sejauh 13 Km,” ujarnya.

Sementara, jumlah penduduk desa Lok Batu berjumlah 1.150 jiwa dengan mata pencaharian penduduk mayoritas petani karet.

Sasaran fisik TMMD ke 110 di Kodim 1008/Tanjung berupa pembuatan badan jalan serta saluran drainase sepanjang 3.400 meter, ditambah pembuatan 3 jembatan box.

Berita Lainnya
1 dari 1.338

“Tujuan pembuatan jalan tersebut guna untuk membuka akses jalan Lok Batu menuju poros jalan utama Desa Kembang Kuning. Sehingga jarak tempuh menuju jalan utama lebih dekat, memudahkan pendistribusian hasil dari petani karet, meningkatkan perekonomian masyarakat dan paling utama Desa Lok Batu akan lebih maju dan tidak terisolir,” katanya.

Sasaran lain, yakni rehab rumah tidak layak huni, pembuatan pos kamling 2 unit dan pembuatan pagar masjid Darul Hudha, serta kegiatan non fisik lainnya. ”Untuk lokasi TMMD tersebut berdasarkan usulan masyarakat,” tambahnya.

Dikatakannya, pelaksanaan TMMD dimulai pada minggu pertama sampai dengan minggu ke empat Maret 2021.

“Ini merupakan bentuk wujud sejarah bahwa TNI adalah dari rakyat untuk rakyat. Selain itu,  bentuk pembinaan pertahanan sehingga dengan TMMD menciptakan pertahanan di wilayah,” ucap Danrem.

Lebih lanjut, dengan adanya pembuatan jalan ini diharapkan tidak ada lagi anak-anak yang putus sekolah. “Inilah wujud sinergi membangun negeri,” pungkasnya.(K-2)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya