Capaian Vaksin Lansia Rendah

Berita Lainnya
1 dari 3.189

Banjarmasin, KP – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kalsel, HM Muslim mengungkapkan capaian vaksin terhadap lansia di Kalsel masih rendah, hanya mencapai dua persen.
“Capaian target vaksin untuk lansia masih rendah, hanya sekitar dua persen,” kata Muslim kepada wartawan, usai rapat kerja dengan Komisi IV DPRD Kalsel, kemarin.
Padahal lansia ini menjadi prioritas pemberian vaksin tahap dua bersama pekerja publik yang rentan terpapar Covid-19.
“Kalau jumlah pekerja publik yang divaksin saat ini mencapai 300 ribuan atau 26 persen,” tambahnya.
Padahal target vaksin untuk lansia lebih banyak, mencapai 576 ribu lansia, namun hanya mampu di vaksin sekitar 2 persen saja.
Menurut Muslim, minimnya angka capaian vaksin terhadap lansia disebabkan tidak terakomodirnya para lansia di satu titik, berbeda dengan pekerja publik yang lebih mudah dikumpulkan secara massal untuk mengikuti vaksin.
“Jadi agak sulit mengumpulkan lansia dalam satu lokasi untuk vaksin massal, sehingga hanya dilayani di tempat pelayanan kesehatan,” jelas Muslim.
Untuk itu, diperlukan kerjasama kabupaten/kota untuk merangkul warganya dalam sosialisasi vaksin Covid-19 terhadap lansia.
Sedangkan pekerja publik yang merasa belum mendapatkan vaksinasi dirinya meminta untuk dilaporkan ke Dinkes setempat agar bisa dimasukkan dalam data penerima vaksin.
“Prinsipnya kita mendukung percepatan penanganan Covid-19, namun tetap menyesuaikan dengan jumlah vaksin yang tersedia,” ujar Muslim. (lyn/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya