Dana Pembebasan HKSN Rp 33 M

Banjarmasin, KP – Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin menyiapkan anggaran sebesar Rp 33 Miliar untuk membebaskan lahan milik warga yang terkena proyek pembangunan Jembatan HKSN.

Kepala Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Bidang Jembatan Dinas PUPR Kota Banjarmasin, Thomas Sigit Mugiono membeberkan, besaran dana tersebut ditujukan untuk membebaskan 46 persil lahan warga.

“21 persil di Kawasan Kuin Cerucuk dan 25 persil di sebelah HKSN, Banjarmasin Utara dan Barat,” jelasnya pada awak media, Senin (12/04) siang.

Ia mengaku selama pihaknya menjalani proses pembebasan lahan, tidak menemukan kendala berarti di setiap parsial lahan yang dibebaskan.

“Alhamdulillah sebagian besar sepakat soal ganti rugi yang sudah ditetapkan appraisal. Hanya saja ada satu dua yang masih minta tinggi, ” ujarnya.

Berita Lainnya
1 dari 2.766

Pria dengan sapaan Sigit itu menekankan, bahwa proses pembebasan lahan tersebut merupakan salah satu bagian dari pembangunan Jembatan HKSN di tahap kedua yang akan dijalankan di tahun ini.

Saat ini pihaknya telah menyediakan anggaran 23 miliar lebih, dengan total kekurangan masih sekitar 10 miliar rupiah.”Nanti kita upayakan kekurangannya di anggaran perubahan 2021,” imbuhnya.

Saat ini, ia melanjutkan, pihaknya bersama Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Kota Banjarmasin tengah memasuki tahap verifikasi warga yang terdampak untuk dilakukan pembayaran.

Sedangkan untuk mulai pengerjaannya sendiri saat ini proyek tersebut memasuki tahap lelang yang diperkirakan akan mendapatkan pemenangnya pada bulan Mei 2021 nanti.

“Satu bulan setelah itu kemungkinan di bulan Juni, kita sudah bisa memulai pengerjaan fisiknya,” jelasnya.

Selain itu, Sigit juga membeberkan bahwa pembangunan Jembatan HKSN tersebut telah dilakukan serah terima dari tender proyek kepada Pemko pada Maret 2021 lalu. (Zak/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya