Disperindakop HSU Upayakan Peningkatan Produk ikan Olahan

PELATIHAN – Membuat produk olahan perikanan. (KP/Ist)

Amuntai, KP – Dalam upaya memaksimalkanb pemanfaatkan hasil perikanan yang cukup banyak di wilayah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi dan UKM mendorong pembuatan hasil produk perikanan.

Plt Kepala Dinas Perindagkop UKM HSU, M Rafiq mengatakan, besarnya potensi perikanan di HSU yang mencapai ribuan ton pertahun di tahun 2020, tak sebanding dengan hasil yang dimaksimalkan menjadi produk olahan ikan.

Rafiq mencontohkan untuk Kecamatan Paminggir dan Danau Panggang yang berada di perairan rawa dan memiliki potensi besar perikanan mencapai 3 ribu ton lebih, dan Paminggir capai 2 ribu ton lebih.

Berita Lainnya

Lensa Foto HSU

1 dari 355

“ jadi hasil dari dua kecamatan ini mencapai 45 persen dari total produksi ikan di Kabupaten HSU” Katanya.

Karenanya, lanjut Rafiq, hasil produksi ikan yang berlimpah ini diharapkan dapat menjadi nilai tambah salah satunya melalui berbagai macam olahan produk ikan yang dapat dipasarkan secara luas.

Menurutnya, Pendapatan hasil penjualan ikan dari para nelayan ke pengepul lebih sedikit keuntungan nya dibandingkan keuntungan yang didapat oleh para pengepul.

Oleh karena itu, ia berharap nantinya para nelayan di dua kecamatan ini tidak hanya menjual ikan secara langsung, akan tetapi juga mengolahnya menjadi berbagai produk olahan ikan, seperti abon ikan, ikan sepat kering dalam kemasan dan lain-lain. (nov/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya