KPK Perkuat APIP Jadi Benteng Terdepan Cegah Korupsi

Pelaihari, KP – Aparatur Pengawas Internal Pemerintah (APIP) dalam hal ini Inspektorat Tanah Laut (Tala) dan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) adalah benteng terdepan dalam mencegah korupsi pada pemerintah daerah. Pernyataan tersebut disampaikan Bupati Tala HM Sukamta dalam sambutannya pada acara Rapat Koordinasi (Rakor) Pemkab Tala dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait Program Pencegahan Korupsi di Pemerintah Daerah yang berlangsung di Aula Sarantang Saruntung Setda Tala, Kamis (22/4/2021).

“Pencegahan korupsi memang tanggung jawab kita bersama seluruh SKPD, dan yang berperan sebagai benteng terdepan pencegahan korupsi itu adalah APIP daerah. Pengawasan dan audit keuangan dari Inspektorat dan BPKP sangat penting dalam pelaksanaan pemerintahan apabila ada kebijakan yang berpotensi korupsi”, ungkap Sukamta.

Pejabat KPK yang diwakili oleh Direktur Wilayah III Koordinasi Supervisi (Korsup) Bahtiar Ujang Purnama dalam kesempatan itu mengungkapkan ada delapan area intervensi yang sejak tahun 2018 telah menjadi ruang lingkup tugas Kedeputian Bidang Koordinasi dan Supervisi KPK. Delapan area intervensi itu meliputi perencanaan dan penganggaran APBD, pengadaan barang dan jasa, pelayanan perizinan terpadu satu pintu, peningkatan kapabilitas APIP, manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN), optimalisasi penerimaan daerah, manajemen aset daerah, dan tata kelola Dana Desa.

Berita Lainnya
1 dari 387

Selain penyampaian program pencegahan korupsi oleh KPK, rakor yang berlangsung cukup intens tersebut juga membahas evaluasi dan rencana aksi pengamanan aset dan optimalisasi penerimaan daerah pada setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Secara bergantian kepala SKPD yang hadir melakukan pemaparan materi dan diskusi langsung dengan pejabat KPK.

Lebih lanjut Sukamta atas nama Pemerintah Kabupaten Tala menyambut baik peran aktif (KPK) yang datang ke Bumi Tuntung Pandang dalam menjalin koordinasi upaya pencegahan tindak pidana korupsi.

“Atas nama pemerintah daerah kami sangat menyambut baik hadirnya KPK dalam rakor kali ini. Kami sangat mendukung program pencegahan korupsi yang disampaikan KPK, sebagai pelaksana pemerintah daerah jadi lebih terbantu dalam meningkatkan pengawasan internal agar terhindar dari tindak pidana korupsi”, pungkas Bupati.

Turut berhadir sebagai peserta dalam rakor tersebut, kepala Pertanahan Tala, pimpinan Bank Kalsel Cabang Pelaihari, serta para kepala SKPD terkait. (rzk/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya