Setiap Masjid Diminta Buat Satgas Covid-19

Banjarmasin, KP – Pengurus masjid yang ada di seluruh wilayah Kota Banjarmasin diminta untuk membentuk Tim Satuan Petugas (Satgas) penanganan Covid-19 sendiri oleh Pemerintah Kota (Pemko) setempat.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin, Machli Riyadi mengatakan, keputusan tersebut bertujuan agar upaya pencegahan penularan virus Corona di lingkungan masjid bisa lebih maksimal.

“SK (Surat Keputusan) pembentukannya juga dari pengurus masjid. Jadi mereka memiliki tanggung jawab masjid itu sendiri terkait penerapan protokol kesehatan di lingkungan masjid,” ucapnya saat ditemui awak media di Masjid Al-Jihad Banjarmasin, Rabu (14/04) siang.

Selain itu, pembentukkan satgas di lingkungan Masjid juga merupakan salah satu produk hasil rapat antar Forkopimda yang dilakukan Pemerintah Kota Banjarmasin di Mercure Hotel Banjarmasin.

Berita Lainnya
1 dari 3.189

“Kita menyepakati agar seluruh masjid membentuk Satgasnya mandiri. Ini sudah dibicarakan disana dan sudah menjadi kesepakatan,” ujarnya.

Bahkan mantan Wadir Administrasi dan Keuangan RSJ Sambang Lihum Kalsel itu membeberkan, bahwa pembentukan satgas di lingkungan masjid sudah disetujui oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Banjarmasin, Akhmad Fydayeen.

Hal itu dibenarkan oleh Fydayeen, saat ditemui awak media di lobby gedung Balai Kota Banjarmasin, ia menuturkan bahwa dalam rapat Forkopimda yang dilaksanakan pada Senin (12/04) kemarin itu menyepakati untuk membuat SK terkait pembentukan satgas Covid-19 di lingkungan masjid.

“SK Satgas Covid-19 di masjid ini merupakan upaya kita agar meningkatkan penerapan disiplin protokol kesehatan,” ungkapnya.

Menurut pria dengan sapaan Dayeen itu, tidak hanya masjid yang harus memiliki satgas Covid-19 sendiri, tidak menutup kemungkinan tempat-tempat lainnya juga harus melakukan hal yang serupa.

“Bagi kita, menangani pandemi ini harus dilakukan dengan cara gawi baimbai semuaan melawan Covid (bersama-sama melawan Covid-19,” tutupnya. (Zak/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya