Panen Bawang Merah Hasilkan 57,6 Ton Per Hektar Bawang Basah

Rantau, KP – Bupati Tapin HM Arifin Arpan panen penangkaran bawang merah dilahan seluas 4 (empat) hektar di Kelompok Tani Karya Bersama Desa Sabah Kecamatan Bungur, Rabu (19/05/2021) kemarin siang.

Ikut serta panen bawang Dandim 1010 Rantau Letkol Inf Andi Sinrang, Kepala Dinas Pertanian Tapin Wagimin, Camat Bungur dan Kapolsek Bungur.

Bupati Tapin HM Arifin Arpan usai melakukan panen bawang, mengaku senang dan gembira, karena petani sangat antusias mengembangkan bawang merah, meskipun kondisi alam yang tidak menentu, saat ini curah hujan turun cukup tinggi, hal ini berdampak pada tanaman bawang merah

“Alhamdulilah para petani antusias membudidayakan bawang merah dan hasil panenya cukup bagus,” ucapnya.

Menurut Bupati Tapin, walaupun hasil panen bawang ini, hasilnya kurang maksimal akibat curah hujan beberapa minggu belakangan ini yang cukup tinggi di kabupaten Tapin, namun para petani masih mendapatkan keuntungan dikarenakan harga bawang merah masih tinggi dipasaran.

“Akibat hujan hasil panen bawang merah milik petani kurang maksimal, utamanya dalam melakukan penggeringan habis di panen,” ujarnya.

Berharap dinas pertanian dan petani setempat agar segera membawa bawang yang sudah dipanen ke tempat pengeringan bawang, sehingga bawang tidak busuk, karena kalau sudah dipanen dan tidak ditempatkan dipengeringan dikhawatirkan akan busuk.

“Petani dan dinas pertanian langsung bawa hasil panen ke gudang pengeringan yang telah di siapkan,” pinta Bupati.

Berita Lainnya
1 dari 284

Mudah-mudahan adanya panen bawang merah ini, dapat menggairahkan kembali petani kita dalam membudidayakan bawang merah selain tanaman unggulan lainnya.

Sementara Kepala Dinas Pertanian Tapin Wagimin melaporkan, panen bawang merah ini seluas 4 hektar di lahan milik kelompok tani karya bersama desa sabah kecamatan bungur.

Adapun hasil ubinan panen bawang merah dari luasan 4 hektar menghasilkan produksi 57,6 ton per hektar bawang basah dan 34,4 ton perhektar bawang kering.

Panen bawang merah ini adalah hasil penangkaran bantuan dari Dinas Pertanian Provinsi Kalsel dan Dinas Pertanian Kabupaten Tapin untuk Kelompok Tani Karya Bersama Desa Sabah Kec Bungur.

Berharap kedepan para kelompok tani bisa mengembangkan kembali tanam bawang merah, karena hasil penangkaran bawang merah bisa dijadikan bibit untuk kembali ditanam.

Dikatakan wagimin bahwa untuk lahan yang disediakan untuk tanam bawang merah seluas 8 (delapan) hektar, dan yang dipanen kali ini seluas 4 (empat) hektar milik kelompok tani karya bersama desa sabah.

Harga bawang merah saat ini dipasaran sebesar 32 ribu rupiah perkilonya jadi dari hasil panen dari kelompok tani karya bersama masih ada keuntungan walapun kondisi alam belum menguntungkan.

Kedepan nantinya terus kita pacu petani kita untuk mengembangkan bawang merah, sembari melihat situasi alam, karena sangat menentukan keberhasilan dalam membudidayakan bawang merah. (abd/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya