Suripno Minta PSU Diliburkan

Berita Lainnya
1 dari 3.193

Banjarmasin, KP – Anggota DPRD Kalsel, H Suripno Sumas meminta agar pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU) Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kalsel pada 9 Juni diliburkan.
“Karena ini sangat berpengaruh pada partisipasi pemilih untuk menggunakan hak suaranya,” kata Suripno Sumas usai kegiatan reses di Kelurahan Surgi Mufti, Kecamatan Banjarmasin Utara, Senin (3/5/2021), di Banjarmasin.
Bahkan berkaca dari pemungutan suara ulang di Pemilihan Walikota (Pilwali) Banjarmasin pada 28 April 2021 lalu menunjukan rendahnya tingkat partisipasi pemilih.
“Karena pada PSU lalu, partisipasi pemilih hanya sekitar 62 persen, jauh di bawah harapan,” tambah politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).
Padahal pada pemilu-pemilu sebelumnya, partisipasi pemilih di wilayah Kalsel rata-rata di atas 70 persen. “Diharapkan dengan adanya libur secara fakultatif, maka partisipasi pemilih bisa meningkat,” ujar Suripno Sumas.
Diungkapkan, dengan libur pada pelaksanaan PSU tersebut sehingga masyarakat bisa maksimal untuk hadir ke tempat pemungutan suara (TPS) dan menggunakan hak suaranya.
“Jadi memang harus diliburkan di wilayah yang melaksanakan PSU Pilgub tersebut,” jelas Sekretaris Komisi I DPRD Kalsel.
Untuk itu, Suripno Sumas juga menghimbau masyarakat agar bisa berpartisipasi untuk menggunakan hak suaranya, karena PSU merupakan bagian dari Pilkada 9 Desember 2020 lalu, dan tidak terpisahkan.
“Karena ada putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang meminta pemungutan suara ulang di sejumlah TPS di tujuh kecamatan yang tersebar di wilayah Kalsel,” ungkap Suripno Sumas.
Khusus masyarakat di Kecamatan Banjarmasin Selatan, khususnya pendukung dirinya pada Pileg 2019 lalu, dihimbau untuk turut berpartisipasi pada PSU agar bisa memilih yang terbaik dari kedua pasangan calon tersebut.
“Pilihlah yang terbaik, terutama yang sudah merasakan kepemimpinan pasangan calon tersebut agar kembali memimpin Kalsel,” tegasnya. (lyn/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya