Babinkamtibmas di Kandangan Inisiatif Bangun Rumah Baca

Kandangan, KP – Seorang Babinkamtibmas di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), berinisiatif mendirikan sebuah rumah membaca untuk memfasilitasi masyarakat Desa Gambah Luar, Kecamatan Kandangan dalam memperoleh ilmu pengetahuan.

Brigadir Polisi Andre H yang merupakan Babinkamtibmas Polsek Kandangan, Polres HSS itu, dikenal dekat dengan pemuda para Desa Gambah Luar, bahkan aktif bersosial dengan warga setempat. Kini, dibantu Ketua Rt 3 Aliansyah dan masyarakat Desa tersebut, telah selesai membangun rumah membaca sederhana itu.

Sedangkan buku bacaannya, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten HSS menyumbangkan bantuan sekitar 300 buah sesuai potensi desa.

Rumah Membaca ‘Pelangi’ tersebut, diresmikan Senin (3/4/2021) sore oleh Wakapolres HSS Kompol Reinaldo, mewakili Kapolres AKBP Siswoyo.

Wakapolres HSS Kompol Reinaldo, mengapresiasi beridirinya Rumah Baca Pelangi tersebut. Ia berharap hal itu bisa menambah minat anak-anak dalam membaca.

“Semoga bisa membantu membantu menambah minat baca, serta menimba ilmu dan kreatifitas,” ucapnya, membacakan sambutan Kapolres HSS AKBP Siswoyo.

Pada kesempatan itu Kompol Reinaldo juga mengingatkan masyarakat untuk tetap menjalankan protokol kesehatan Covid-19, selama pandemi ini belum berakhir. Terutama pesannya, saat berada di rumah membaca tersebut.

“Kami terus mengingatkan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, agar pandemi Covid-19 segera berakhir,” ucapnya.

Berita Lainnya
1 dari 2.766

Kepala Dispersip Kabupaten HSS Hubriansyah mengatakan, buku-buku bacaan yang diserahkan ke Rumah Baca Pelangi disesuaikan potensi Desa Gambah Luar.

Ia menyebutkan terdapat berbagai buku untuk anak-anak, hingga untuk masyarakat mencari ilmu pengetahuan tentang pengembangan usaha.

“Bagi yang ingin mengembangkan usahanya, semisal membuat kue tradisional bisa datang ke sini untuk mencari bukunya. Membacalah di sini, maka peluang usaha bisa diraih” ajak Hubriansyah.

Hubriansyah mengimbau masyarakat, untuk tidak membiarkan rumah membaca tersebut hanya menjadi pajangan. Sebab, diharapkan bisa benar-benar dipergunakan untuk memperoleh ilmu pengetahuan, terutama anak-anak.

“Saya minta tolong, masyarakat arahkan anak-anaknya untuk rajin datang ke sini dan membaca buku,” pesannya.

Ia mendoakan, anak-anak bisa lebih cerdas lagi dengan rajin membaca. Terlebih memiliki fasilitas tempat membaca.

Kepala Desa Gambah Luar, Fahrurrazi mengatakan, Rumah Membaca Pelangi didirikan atas dasar terlihat tingginya minat baca bagi warganya.

Camat Kandangan, Lothvie Rahmanie mengatakan, hal itu merupakan yang pertama di Kandangan bahkan di HSS, inovasi rumah baca di desa yang didirikan seorang Bhabinkabtibmas

Ia berharap, hal itu bisa membuat anak-anak di Desa Gambah Luar khususnya menjadi rajin membaca. (tor/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya