Tenant di DM Diijinkan Buka Sebelum Waktunya

Banjarmasin, KP – Duta Mall Banjarmasin diketahui kembali membuka operasionalnya lebih awal dari apa yang sudah ditetapkan oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Banjarmasin beberapa waktu lalu.

Padahal seperti diberitakan sebelumnya, tenant-tenant di pusat perbelanjaan modern tersebut seharusnya hanya boleh beroperasi secara menyeluruh pada Senin 17 Mei 2021.

Hal itu tertampang nyata dalam Surat Edaran (SE) nomor :100/164/BAGPEM.

Bunyinya bahwa terhitung sejak tanggal 13 sampai 16, seluruh pusat perbelanjaan, rumah makan, tempat hiburan dan tempat wisata di Kota Banjarmasin ditutup sementara waktu. Terkecuali toko yang menjual bahan pokok.

Kemudian, juga menindaklanjuti Instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 10 tahun 2021. Perihal penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro.

Namun berdasarkan pantauan Kalimantan Post pada Minggu (16/05) siang, di pusat perbelanjaan terbesar tersebut hampir seluruh tenan buka dan mulai beroperasi seperti sedia kala. Termasuk toko-toko yang menjual keperluan fashion.

Dikonfirmasi terkait hal tersebut, Manajer Operasional Duta Mall Banjarmasin, Yenny Purnawati membenarkan bahwa mall tersebut kembali beraktivitas.

“Iya. Mulai hari ini sekitar 80 persen restoran buka, 70 persen tenan non restoran, kemudian 100 tenan UMKM juga beroperasi,” ucapnya saat ditemui awak media di tempat kerjanya, Minggu (16/05) sore.

Menurutnya, Meski sudah buka, bukan berarti beroperasi sepenuhnya. Ambil contoh untuk wahana hiburan seperti bioskop, dan tempat bermain tidak diperkenankan untuk buka.

Berita Lainnya
1 dari 3.548

“Restoran pun hanya diperkenankan untuk take away saja. Besok (hari in,) kemungkinan sudah mulai beroperasi normal,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Yenny juga memaparkan bahwa terkait bukanya mall tersebut, pihaknya juga mengklaim sudah membicarakan hal tersebut kepada Forkopimda.

“Kami sudah berkoordinasi dengan Forkopimda. Termasuk Pemko Banjarmasin. Dengan pertimbangan memperhatikan membagi trafik yang di pasar. Karena aktivitas ekonomi dari hari Sabtu lalu sudah mulai nampak,” klaimnya.

Di sisi lain. Yenny juga mengatakan, sempat tidak buka beberapa hari yang lalu, pihaknya mengklaim menemui banyak kerugian. Perkiraan, dalam sehari pihaknya merugi miliaran rupiah.

“Karena tenant-tenant tentu sudah menyetok banyak barang yang bakal dijual pada lebaran lalu,” tukasnya.

Kemudian. Alasan lain pihaknya memutuskan untuk membuka operasional mall tersebut lantaran untuk mengurangi aktivitas warga di beberapa titik pasar. Pasalnya dari pantauan yang dilakukannya pasar juga sudah mulai beroperasi.

“Ini juga dilakukan untuk membangun perekonomian yang sudah mulai membaik belakangan ini,” pungkasnya.

Dikonfirmasi terpisah, Pelahsana Harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Banjarmasin, Mukhyar membeberkan bahwa sampai tanggal 16 Mei ini yang boleh beroperasi hanya toko-toko tertentu saja.

Ia menyebut bahwa yang diizinkan membuka layanannya hanya penjual bahan pokok dan restoran. “Untuk restoran itu pun hanya boleh take away. Tidak boleh makan di tempat,” tandasnya. (Zak/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya