Wabup Ikuti Ramah Tamah Bersama PJ Gubernur Kalsel dan Ketua DPD RI

Barabai, KP – Wakil Bupati Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) H Mansyah Sabri hadiri ramah tamah bersama Pj Gubernur Kalimantan Selatan Safrizal ZA dan Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI), AA LaNyalla Mahmud Mattalitti bertempat di Gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin (24/05/2021).

Hadir pada acara tersebut seluruh Bupati dan Walikota se-Provinsi Kalimantan Selatan serta undanga lainnya.

Pj Gubernur Kalimantan selatan Safrizal ZA menyampaikan bahwa harus kita sadari bersama, bahwa dampak dari pandemi ini, bukan hanya dari segi kesehatan saja, dari sisi penanganan dampak terhadap penurunan kesejahteraan masyarakat, Pemerintah memberikan bantuan kepada masyarakat terdampak melalui pemberian PKH, Kartu Indonesia Pintar, Kartu Pra Kerja, BPNT, Bansos Tunai, Subsidi Upah, dengan target dampak terhadap kesejahteraan masyarakat tidak terlalu dalam.

Oleh sebab itu, kami sangat berterimakasih dan mengapresiasi upaya pengawasan yang dilakukan oleh Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia. Pengawasan ini sangat penting dalam memberikan input dan masukan bagi kami, agar penanganan covid 19 serta upaya antisipasi berbagai dampak yang muncul dapat berjalan secara simultan, menyeluruh, dan tidak ada yang tertinggal.

Berita Lainnya
1 dari 498

Selain agenda penanganan covid-19, saat ini kami juga terus menjalin koordinasi lintas sektoral, baik dengan KPU, Bawaslu, serta TNI/Polri dalam menyiapkan penyelenggaraan Pemilihan Suara Ulang atau PSU Gubernur/Wakil Gubernur Kalimantan Selatan.

Ketua DPD RI LaNyalla menyampaikan terkait banjir yang terjadi di Provinsi Kalimantan Selatan, ada sejumlah pendapat mengenai penyebab banjir Kalsel saat itu. Pertama, banjir disebut akibat curah hujan yang sangat tinggi dan berlangsung cukup lama, kedua banjir disebabkan Deforestasi atau pengurangan luasan hutan dan alih fungsi hutan yang cukup signifikan dalam 10 tahun terakhir.

LaNyalla menambahkan, data yang disajikan oleh Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup kemudian Anomali Cuaca akibat fenomena alam LaNina dan tingkat curah hujan yang tinggi serta Lapan dengan data perbandingan hutan Kalsel dari citra satelit, seharusnya di gunakan sebagai masukan untuk mendukung upaya mitigasi bencana. 

“Saya secara khusus meminta kepada para Senator dari Kalsel mengambil peran dalam mengawal Mitigasi Bencana banjir, agar tidak terulang di musim penghujan yang akan datang,” pinta LaNyalla. 

Sementara Wakil Bupati HST H Mansyah Sabri menyambut baik atas saran yang di berikan oleh Ketua DPD RI, maka untuk penanganan bencana banjir yang terjadi di Kab HST harus di cari sumber  penyebab utama, sehingga program penanggulangan banjir bisa berjalan tepat sasaran. (adv/ary/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya