Disdik Minta Sekolah Fasilitasi Orangtua Siswa yang Tak Paham PPDB Online

Banjarmasin, KP – Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) online jalur prestasi dan afirmasi untuk jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang dilakukan secara online ternyata masih belum dipahami sepenuhnya oleh para orangtua siswa.

Pasalnya, dari pantauan awak media, dari beberapa SMP Negeri di Banjarmasin yang menerapkan pendaftaran calon siswa baru secara daring tersebut, tak sedikit orangtua dari calon siswa yang langsung datang ke sekolah untuk mendaftar.

Alasannya pun beragam, mulai dari tak paham bagaimana mengisi formulir di website PPDB online, sampai tak punya smartphone atau gawai yang bisa digunakan untuk mendaftarkan buah hatinya agar bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya.

Seperti halnya Juhairiah. Warga yang mengakunya tinggal di dekat SMP Negeri 33 itu terpaksa datang ke sekolah lantaran tidak mengerti persyaratan untuk mendaftarkan sekolah anaknya.

“Tanya-tanya persyaratannya apa dan bagaimana cara memasukan berkasnya ke situs pendaftaran. Karena tidak punya HP (Smartphone) makanya kami ditawarkan pihak panitia untuk ke sekolah langsung,” ungkap wanita berusia 41 tahun itu saat dibincangi awak media, Senin (21/06) pagi.

Hal senada juga diungkapkan oleh Nur Hasanah. Ia sengaja datang ke dua SMP berbeda, yakni SMPN 4 dan SMPN 33 Banjarmasin untuk menanyakan bagaimana prosedur dan syarat PPDB Online dengan jalur prestasi dan afirmasi.

“Karrna saya nggak paham, makanya ke sekolah untuk minta penjelasan dengan pihak sekolah. Karena anak saya waktu SD pernah dapat prestasi lomba IPA di kelurahan. Tapi saya masih bingung apakah ini bisa dipakai untuk masuk jalur ini (prestasi) atau tidak,” ucapnya.

Saat bertanya di meja informasi, prestasi yang diraih anaknya tersebut rupanya tidak termasuk dalam kategori jalur prestasi.

Berita Lainnya
1 dari 3.234

“Kata bapak di meja informasi tadi ini masuk non akademik. Sedangkan prestasi sekarang ini hanya kategori akademik saja. Jadi tadi itu disuruh mengisi nilai rata-rata raport mulai kelas I smpai kelas VI ke situs pendaftaran. Siapa tahu masuk jalur prestasi,” cetusnya sembari memperlihatkan sertifikat penghargaan milik anaknya..

Banyaknya orang tua yang tidak paham tentang PPDB Online ini rupanya sudah diantisipasi oleh Disdik Kota Banjarmasin.

Saat dikonfirmasi, Kepala Disdik Kota Banjarmasin, Totok Agus Daryanto mengaku bahwa pihaknya memang sudah menghimbau kepada setiap Sekolah yang membuka pendaftaran jalur prestasi dan afirmasi ini untuk siap memberikan pendampingan kepada orangtua calon siswa yang tidak paham saat mendaftar secara online.

Sehingga, setiap sekolah melayani dua kemungkinan pendaftaran calon siswa. Yakni secara online atau offline “Karena setiap sekolah ada operator atau panitia PPDB yang siap mengarahkan orangtua jika tidak paham soal pendaftaran online,” ungkapnya.

Menurutnya, panitia tersebut tugasnya semacam gaet untuk mengarahkan setiap orangtua calon siswa dalam mendaftarkan anaknya. Terutama saat kesulitan mengupload berkas yang menjadi persyaratan pendaftaran.

“Kita tidak menutup mata karena tidak semua orangtua paham dan mumpuni untuk mengikuti PPDB online ini. Makanya kita sudah minta sekolah untuk siap mengmyediakan layanan itu selama PPDB online ini dijalankan,” tuntasnya.

Seperti diketahui, Disdik Kota Banjarmasin telah mengeluarkan petunjuk teknis (teknis) terkait PPDB untuk jenjang SMP di Banjarmasin. Untuk jalur prestasi dan afirmasi dilakukan secara online atau daring mulai 21 sampai dengan 23 Juni 2021.

Kemudian dilanjutkan dengan jalur zonasi yang dilakukan secara online pada 28 hingga 30 Juni 2021.Yang terakhir pendaftaran siswa baru untuk jalur perpindahan orang tua dilakukan secara offline atau di sekolah yang juga dibuka pada 28 sampai dengan 30 Juni 2021. (Zak/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya