Kesbangpol Optimis Warga Gunakan Hak Pilih Meningkat di PSU

Banjarmasin,KP – Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Banjarmasin M Kasman berharap, agar warga di Kecamatan Banjarmasin menggunakan hak pilihnya dalam Pemungutan Suara Ulang (PSU) pemilihan calon gubernur dan wakil gubernur Kalsel tahun 2020 yang berlangsung hari ini Rabu (9/6/2021).

Menurutnya saat berada di Kantor DPRD Kota Banjarmasin, Selasa kemarin (8/6/2021) untuk suksesnya jalannya PSU pihaknya sudah memberikan edukasi kepada masyarakat setempat untuk menggunakan hak pilihnya dalam pelaksanaan PSU tersebut.

” Upaya mengedukasi masyarakat sudah kita lakukan. Saya optimis pada PSU pemilihan gubernur dan wakil gubernur kali ini partisipasi pemilih untuk datang ke tempat pemungutan suara (TPS) lebih meningkat,” ujarnya yakin.

Kasman menyebut rasa optimis meningkat partisipasi pemilih itu bukan tanpa alasan, sebab jika berkaca pada PSU calon walikota dan wakil walikota yang digelar 28 April lalu, warga yang datang ke TPS menggunakan hak pilihnya mencapai 61 persen.

” Padahal sebelum PSU partisipasi pemilih pada tiga kelurahan di wilayah Kecamatan Banjarmasin Selatan yang melaksanakan PSU walikota dan wakil walikota sekitar 51 persen,” katanya.

Kasman yang pernah menjabat Camat Banjarmasin Selatan ini menjelaskan, va

Pemko melalui i Kesbangpol sudah memfasilitasi kegiatan PSU Pilgub tersebut, baik dari unsur sumberdaya manusianya, unsur sekretariatnya, satuan perlindungan masyarakat dan lainnya.

Berita Lainnya
1 dari 3.547

Lebih jauh ia mengakui menjelang PSU suhu politik di kota ini semakin memanas.

” Namun untuk menurunkan tensi itu, kami dipimpin pejabat walikota susah turun ke lapangan, melakukan edukasi kepada masyarakat agar PSU berlangsung damai aman dan sukses,” tandas Kasman.

Sebagaimana ditetapkan Mahkamah Konstitusi (MK), PSU Pilgub Kalsel dilaksanakan pada tujuh kecamatan di tiga kabupaten/kota. Salah satunya Kecamatan Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin yang meliputi 12 kelurahan dengan jumlah tempat pemungutan suara (TPS) sebanyak 301.

PSU pemilihan calon gubernur dan wakil gubernur juga digelar di lima kecamatan di kabupaten Banjar yaitu kecamatan Astambul, Matraman, Martapura, Aluh-Aluh dan Sambungan Makmur.

Kemudian, pada 24 TPS di Kecamatan Binuang, Kabupaten Tapin.

Dalam pelaksanaan PSU total TPS berjumlah 827 titik, dengan jumlah pemilih sesuai daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 266.736 pemilih.

Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur di Pilkada Kalsel 2020 adalah nomor urut 1 Paslon H Sahbirin Noor dan H Muhidin, Paslon nomor urut 2, Prof H Denny Indrayana dan H Difriadi. (nid/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya