Komisi II DPRD Kalteng Kunjungi PLTU Tumbang Kajui

Palangka Raya, KP – Untuk melaksanakan tugas dan bidang fungsi pengawasan bidang energi, serta menyerap aspirasi masyarakat di Gunung Mas, Komisi II DPRD Kalteng melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) selama dua hari

Wakil Rakyat yang membidangi sumber daya alam (SDA) salah satunya pertambangan dan energi mengelar kunjungan kerja (Kunker) ke PLTU Kalteng -1 di Desa Tumbang Kajuei, Kecamatan Rungan, Kabupaten Gunung Mas. Kamis (17/6).

Wakil Ketua DPRD Kalteng H.Jimmy Carter mengemukskan kunker Komisi II kali ini melihat Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Kalteng 1 di Desa Tumbang Kajuei.

Kunjungan kerja lapangan ini guna memastikan ketersediaan listrik bagi Kalteng serta kontribusi PLTU Kalteng-1 bagi daerah dan masyarakat sekitar,”ucap Jimmy, legislator Fraksi Demokrat Kalteng ini di selah kegiatan pertemuan.

Saat yang sama Ketua Komisi II Lohing Simon menjelaskan pihaknya menyambut baik adanya PLTU tersebut, untuk mendukung ketersediaan energi di daerah itu, dan Kalteng umumnya, memacu pertumbuhan ekonomi.

Dijelaskan Lohing, awal mula usulan PLTU ini dari mantan Bupati Gumas Almarhum Hambit Binti, sekarang sudah terwujud, tinggal melanjutkan.

Diakuinya, sampai daat ini masih ada 30 persen daerah pedalaman masih belum terjangkau listrik, mungkin karena Kalteng terlalu luas sehingga sulit dan biaya besar. Diharapkan kehadiran PLTU ini membantu mengatasi kebutuhan listrik yang ada saat ini.

Menurut Lohing warga setempat sangat menunggu jaringan listrik tambahan khusus warga sekitar.

“Harapan kami membuat kesejahteraan masyarakat. Tolong harapan dan aspirasi mereka bisa di dengar, kKmhususnya agar bisa lewat jembatan dan adanya jaringan listrik,”katanya.

Masih menurut politisi PDI-Perjuangan ini, harapan agar masyarakat bisa melewati jembatan kereba di samlaikan warga disana.

Berita Lainnya
1 dari 530

Tolong pihak PLTU bisa memperhatikan agar kehadiran PLTU ini bisa membuat kesejahteraan masyarakat.

Konsensi lahan yang digali. Dari sekarang pikirkan lokasi atau bekas tambang, jangan sampai nanti ditinggalkan begitu saja. Investasi kami sambut baik,”katanya lagi.

Lohing juga mendorong managemen PLTU bjsa membina pemuda-pemudi lokal. Tidak perlu cari orang luar. “Perhatikan masyarakat lokal dan lingkungan, “sarannya.

Sementara itu Maulana Muhammad bagian hubungan pemerintah dan masyarakat PT. SKS (PLTU Kalteng -1) menjelaskan bahwa, saat ini sedang di bangun jaringan bagi masyarakat, dimana tahun 2021 direncana bisa selesai dan dapat melayani masyarakat.

Warga selama ini belum bisa mengalirkan ke rumah-rumah secara langsung karena tegangan listrik sangat tinggi, sehingga harus ada jaringan tambahan yang bisa disalurkan ke rumah warga.

Perusahaan selama ini juga aktif dalam berbagai kegiatan atau bantuan sosial, termasuk bantuan sosial keagamaan. PLTU PT. Surya Kalimantan Sejati (PT. SKS) sudah mulai dibangun dan beroperasi sejak Nopember 2020, dan sampai saat ini menunjang listrik melalui PLN di beberapa kabupaten di khususnya Kabupaten Gunung Mas dan Katingan, Kalteng.

Disisi lain,Karyawan yang mampu terserap di PLTU Kalteng -1 sebanyak 259 orang. Tetapi saat ini pihaknya masih kekurangan tenaga kerja, khususnya tenaga elektrikal.

Pihaknya juga berjanji, akan menyanpaikan harapan dan masukan dari para wakil rakyat pada jajaran pimpinan nantinya.

Kunker kali ini dipimpin H. Jimmy Carter, Lohing Simon (Ketua Komisi II), Wakil Ketua Henry M. y

Yoseph, Sekretris Komisi II H. Sudarsono, serta anggota Komisi II, HM Sriosako, Fajar Hariadi, Jainudim Karim, Sengkon, Ina Prayawati, Hj. Maryani Sabran, Natalia dan Yeni Maria Kahta. (drt/k-10)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya