Pola Hidup Sehat di Masa Pandemi Virus Corona

Oleh : Jamilatul Husna Tiara Adha
Mahasiswa Hubungan Internasional, Universitas Muhammadiyah Malang

Virus corona atau covid-19 sudah 1 tahun lebih berada di Indonesia. Virus ini semakin membuat masyarakat menjadi resah, apalagi Dinas Kesehatan DKI Jakarta menyebutkan bahwa saat ini terkonfirmasi dua kasus infeksi virus SARS-CoV-2 varian baru B.1617.2 asal India di Jakarta. Untuk mengurangi keresahan tersebut masyarakat harus mematuhi aturan yang diberikan pemerintah untuk kebaikan bersama. Menurut WHO dalam laporannya Cara penyebaran virus corona (Covid-19) adalah melalui tetesan air liur (droplets) atau muntah (fomites), dalam kontak dekat tanpa pelindung. Transmisi virus corona terjadi antara yang telah terinfeksi dengan orang tanpa patogen penyakit. Gejala dari virus ini bermacam-macam seperti batuk, demam yang sangat tinggi, flu, dan juga infeksi tenggorokan.

Pada hari minggu, 6 Desember 2020 sebanyak 1,2 juta dosis vaksin Covid-19 tiba di Indonesia. Bapak Jokowi adalah orang yang pertama kali mendapatkan vaksin dan beliau mengatakan bahwa program vaksin ini adalah program untuk mencegah wabah Covid-19. Walaupun vaksin terus masuk ke Indonesia kita tidak boleh menghiraukan peraturan pemerintah seperti menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan (3M), dan ikutilah peraturan protokol kesehatan lainnya. Selain mengikuti peraturan pemerintah juga harus menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.

Menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari akan membuat tubuh menjadi fit dan bugar, dan juga bisa dikatakan orang itu dalam keadaan sehat. Pola hidup sehat juga dapat meningkatkan kekebalan imun tubuh kita. Kita semua pasti tahu imun tubuh itu berfungsi untuk mencegah masuknya berbagai macam virus ke tubuh, salah satunya Covid-19 . Lalu bagaimana pola hidup sehat itu? Pola hidup sehat yang dapat dilakukan seperti makan makanan sehat bergizi dan banyak mengandung vitamin, berjemur di pagi hari selama 15 menit dan dibawah jam 10 pagi agar mendapat vitamin D, menghindari minuman beralkohol dan mengurangi merokok, memperbanyak mengomsumsi air putih minimal 6-8 gelas per hari atau setara dengan 2 liter, berolahraga secara teratur dan rutin setiap harinya, tidur yang cukup, selalu menjaga kesehatan mental dengan cara berpikir positif agar terhindar dari stres, dan menjaga kebersihan lingkungan yang dimulai dari rumah sendiri.

Makan Makanan Bergizi

Menurut peraturan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2019 Tentang Angka Kecukupan Gizi yang Dianjurkan untuk Masyarakat Indonesia yaitu, untuk laki-laki disarankan mengkonsumsi serat sebanyak 28-37 gram per hari. Sedangkan perempuan, perlu konsumsi serat sebanyak 27-32 gram per hari. Ketika memakan makanan yang sehat itu akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan juga segar. Carilah makanan yang dapat memenuhi kecukupan gizi. Makan makanan yang banyak mengandung karbohidrat, mineral, protein, serat dan juga vitamin, seperti vitamin A, Vitamin C, Vitamin E, Vitamin B, dan Vitamin D. Perbanyaklah mengonsumsim sayur-sayuran dan buah-buahan, dan jangan lupa juga untuk mengonsumsi suplemen agar membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Berita Lainnya
1 dari 296

Orang yang memiliki penyakit bawaan akan mudah terserang virus, seperti penyakit diabetes. Hal yang sangat harus dihindari oleh para penderita diabetes adalah mengonsumsi gula dalam jumlah banyak, dan harus memperbanyak meminum air putih. Para penderita diabetes haruslah sangat waspada, dan dituntut untuk menerapkan pola hidup sehat.

Sebaiknya hindarilah makanan yang terlalu banyak menganduk lemak, seperti jeroan, makanan cepat saji, gorengan, dan juga makanan yang banyak mengandung bahan pengawet buatan. Karena ketika kita memakan makanan seperti itu akan berbahaya bagi tubuh kita dan cepat akan terserang penyakit.

Berolahraga Teratur

Disebutkan di atas bahwa berolahragalah yang teratur dan rutin termasuk dalam pola hidup sehat. Banyak sekali aktivitas olahraga yang dapat kita lakukan sendiri dirumah seperti sit-up, push-up, lari kecil mengelilingi rumah, atau melakukan yoga dan senam dengan melihat instruksi dari youtube atau situs lainnya yang memuat tentang senam dan yoga. Berolahraga teratur dan rutin banyak memberikan manfaat bagi tubuh seperti membantu memperkuat daya tahan tubuh, memperkuat otot-otot, dan juga membuat badan menjadi sehat.

Membersihkan diri ketika berpergian juga sangat penting dalam penerapan pola hidup sehat. Ketika sampai di tempat tujuan janganlah memegang hidung, mulut, dan mata sebelum mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun. Jika ditempat tujuan kita tidak menemukan air mengalir dan sabun maka bawalah selalu hand sanitizer untuk pengganti air. Kemudian jika perlu harus membeli cairan disinfektan. Cairan disinfektan tersebut membantu membunuh virus atau kuman-kuman yang ada di sepatu atau benda-benda yang dibawa dari luar. Apalagi kalau baru saja mendapatkan sebuah paket barang haruslah terlebih dahulu disemprot dengan cairan disinfektan sebelum paket barang tersebut dibuka.

Menerapkan pola hidup sehat merupakan sebuah kebiasaan yang baik untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan harus dimulai dari kesadaran diri sendiri. Manfaat dari menerapkan pola hidup sehat sangat banyak dan yang merasakan manfaat tersebut tidak hanya diri sendiri tetapi orang di sekitar juga akan mendapatkan manfaatnya. Contohnya ketika menerapkan pola hidup sehat dengan cara selalu membersihkan rumah dan lingkungan sekitar, maka orang-orang yang ada di dalam rumah akan semakin betah maka bekerja dari rumah akan terasa lebih bersemangat, dan lingkungan sekitar akan semakin nyaman.

Kita perlu mengingat bukan hanya menerapkan pola hidup sehat dikehidupan sehari-hari, juga harus selalu mematuhi peraturan pemerintah tentang protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak, dan juga mencuci tangan atau yang bisa disebut dengan 3M. Ketika kita mematuhi aturan yang telah ditetapkan pemerintah dalam menangani pandemi covid-19 ini artinya telah berkontribusi untuk mencegah terjadinya peningkatan penularan virus corona.

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya