Sukamta Sampaikan Program MTP Kea Pemkab Kapuas

Pelaihari, KP – Program Unggulan Pemerintah Kabupaten Tanah Laut (Pemkab Tala) yaitu Manunggal Tuntung Pandang (MTP) menjadi salah satu program yang dipaparkan Bupati Tala HM Sukamta saat menerima kunjungan Wakil Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor beserta jajaran pejabat Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Kapuas. Kunjungan Pemkab Kapuas dari Kalimantan Tengah ke Tala kali ini dalam rangka kaji banding peningkatan kinerja ke Pemerintah Kabupaten Tala, bertempat di Aula Pencerahan Bappeda Tala, Senin (14/6/2021).

“Salah satu upaya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat kami lakukan dalam agenda Manunggal Tuntung Pandang bermalam bersama warga. Seluruh desa kami jadwalkan untuk dikunjungi selama masa jabatan. Hadirnya kami dengan pelayanan langsung dan gratis, itu yang masyarakat kita butuhkan. Mungkin program serupa juga bisa kawan-kawan terapkan di Kabupaten Kapuas,” ungkap Sukamta dalam sambutannya.

Dalam pertemuan tersebut Sukamta menyampaikan beberapa program unggulan lainnya yang bisa menjadi referensi Pemkab Kapuas dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat khususnya di bidang perekonomian. Diantaranya program permodalan dengan bunga nol persen untuk peningkatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) atau juga yang dikenal dengan Gerakan Peningkatan Usaha Rakyat Melalui Kredit Tanpa Bunga dan Rente Bagi Ekonomi Lemah (Gapura Karomah), aplikasi e-commerce lokal Sistem Order Semua Instansi Lingkup Tanah Laut (Sosialita), dan kebijakan menyerap investasi lokal maupun internasional sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Berita Lainnya
1 dari 447

“Dalam membangun daerah kita tidak bisa hanya bergantung dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) saja, perlu dukungan investor untuk mempercepat pembangunan daerah. Untuk menjaga kestabilan ekonomi kita juga menggerakkan UMKM dengan bantuan permodalan dan promosi melalui aplikasi Sosialita”, imbuh Sukamta.

Kunjungan jajaran Pemkab Kapuas ke Tala juga dalam rangka bertukar referensi proses perumusan kebijakan, pelaksanaan tugas, serta langkah-langkah yang dilakukan dalam manajemen birokrasi pemerintahan agar berjalan secara efektif dan efisien. Tala yang semakin maju pembangunan dan pemerintahannya disertai dengan banyaknya program pemberdayaan masyarakat, dinilai layak menjadi kabupaten kaji banding antar daerah, hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor yang tak lain juga putra daerah Tala.

“Saya juga orang Tala, alhamdulillah berkarir di Kabupaten Kapuas, tentunya ada ikatan emosional dengan kabupaten ini, apalagi Tala dalam beberapa tahun terakhir terus mengalami peningkatan dari segi birokrasi dan pembangunan. Oleh karena itu kegiatan kaji banding ini sangat tepat dilakukan ke Pemkab Tala sebagai tetangga dekat walau berbeda provinsi”, ujar Nafiah Ibnor.

Turut berhadir pada acara tersebut, Wakil Bupati Tala Abdi Rahman, Sekretaris Daerah (Sekda) Tala H Dahnial Kifli, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Akhmad Hairin, Asisten Bidang Administrasi Umum Safarin, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Tala H Hairul Rijal, dan para pejabat di lingkungan Setda Tala. (rzk/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya