Tambak STP Dijadikan Lokasi Budidaya Ikan Gabus

Pelaihari, KP – Lokasi tambak milik PT Suri Tani Pemuka (STP) yang ada di Desa Telaga Langsat Kecamatan Takisung Kabupaten Tanah Laut (Tala) sebentar lagi akan menjadi tempat untuk pembudidayaan ikan Gabus. Untuk mewujudkan itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tala mengadakan MoU/perjanjian dengan PT STP tentang pemanfaatan lahan tambak untuk budidaya ikan Gabus sekaligus Rapat Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID), bertempat di Ruang Rapat Barakat lantai II, Sekretariat Daerah Kabupaten Tala, Kamis (27/5/2021).

HM Sukamta dalam sambutannya mengatakan selama ini setiap dilakukan evaluasi TPID, ikan Gabus diakui menjadi salah satu pendorong inflasi terutama di Kalimantan Selatan (Kalsel).

“Hal ini dirasa wajar karena ikan Gabus menjadi menu pokok bagi masyarakat Kalsel dalam setiap masakannya, sebagai contoh ketupat Kandangan yang ada dimana-mana masih belum bisa menggantikan ikan Gabus sebagai lauknya walaupun bisa, rasanya menjadi ada yang kurang,” ucap Sukamta.

Berita Lainnya
1 dari 484

Sukamta juga mengakui bahwa sekarang populasi ikan Gabus di alam terbuka sudah sangat menurun, sehingga dengan adanya budidaya ini diharapkan bisa mendongkrak populasi. Harapannya Kabupaten Tala menjadi satu-satunya daerah yang mempunyai tempat budidaya ikan Gabus di Kalsel.

“Kalau kita berhasil untuk budidaya ikan Gabus di tambak milik PT STP maka akan menjadi kabupaten pertama yang mempunyai pembudidayaan ikan Gabus,” ucap Sukamta.

Irwan Suhenrawan, Head Of Unit Fresh Water Fish Hatchery Kalsel yang mewakili PT STP mengatakan bahwa mendukung penuh pemanfaatan lokasi tambak dipergunakan untuk pembudidayaan ikan Gabus apalagi di wilayah Kalsel belum ada daerah yang memiliki pembudidayaan ikan Gabus, untuk saat ini PT STP sedang melakukan pembudidayaan ikan Nila dilokasi tambak seluas 900 hektar.

“Harapannya dengan semangat yang tinggi dari Pemkab Tala maupun perusahaan budidaya ikan Gabus ini bisa berhasil sehingga menjadi pilot project bagi masyarakat dan bisa meningkatkan pendapatan daerah Kabupaten Tala,” pungkasnya. (rzk/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya