Tunjang Kemudahan Pelayanan Publik, Diskominfotik Fasilitasi Aplikasi

Banjarmasin, KP – Menghadapi situasi pandemi Corona Virus Disease 2019 atau yang sering disebut Covid-19, Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik menjembatani sejumlah SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Banjarmasin terkait pelayanan publik beserta administrasinya.

Upaya menjembatani tersebut dilakukan melalui aplikasi yang menawarkan kemudahan dalam hal pelayanan publik agar tetap terlaksana, meski tidak bisa dilakukan secara tatap muka. Terbaru ada 3 aplikasi yang diluncurkan yakni E-LOK Kecamatan Banjarmasin Utara, E-Kesbangpol dan E-SAKIP Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kota Banjarmasin.

Kegiatan dilakukan secara daring, usai peluncuran digelar pula sesi tanya jawab oleh SKPD yang menggunakan aplikasi tersebut dengan pihak Diskominfotik Banjarmasin yang engambil tempat di Banjarmasin Comand Center (BCC) pada Selasa (8/6) dan dipimpin oleh Kepala Bidang TIK, Endah Widiastuti S.Sos M.Ap didampingi oleh Kasi Persandian dan Keamanan Informasi, Roenissa S.STP M.IP.

Berita Lainnya

Awasi Postingan Medsos NaGa

1 dari 2.952

Menurut wanita yang akrab disapa Endah ini menjelaskan, pihaknya dari Diskominfotik itu menyediakan aplikasi yang mendukung pelayanan publik misalnya seperti pelayanan di Kantor Kecamatan, Puskesmas dan pelayanan di SKPD lainnya di lingkungan Pemerintah Kota Banjarmasin.

“Di era pandemi ini kan sepertinya kumpul kumpul sudah tidak diizinkan, salah satu cara mengatasinya permasalahannya sementara kegiatan, pelayanan di masyarakat harus tetap jalan, untuk mengatasi hal itu kita mulai melakukan kegiatan yang tidak dengan tatap muka, misalnya seperti di Diskominfotik itu kita punya aplikasi pendukung untuk pelayanan kepada masyarakat,” jelasnya.

Endah mengungkapkan, aplikasi tersebut akan dilakukan asesmen terlebih dahulu oleh pihak yang berkompeten, sehingga dapat terjamin keamanannya terlebih saat teknologi dan zaman saat ini sudah semakin canggih, maka pihaknya merasa perlu untuk menyediakan aplikasi yang memang kuat dan tidak bocor terhadap hacker.

“Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi semakin canggih, maka kita perlu untuk keamanan data-data kita, untuk aplikasi kita nanti jangan sampai terjadi pencurian data, pengrusakan untuk itu kita perlu lakukan pengujian terlebih dahulu,” pungkasnya. (vin/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya