Dewan Provinsi Minta Kabupaten Gumas Antisipasi Wilayah Rawan Bencana

Palangka Raya, KP – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Tengah berharap Kabupateb Gunung Mas mampu mengantisipasi ancaman bencana sedini mungkin, dengan melakukan pemetaan wilayah.

Ketua Komisi III DPRD Kalteng Duwel Rawing menyampaikan hal itu saat pertemuan dengan jajaran Pemda setempat, Jum’at (9/7) yang dihadiri Wakil Bupati Efrensia L.Umbing. Kesiapasian Pemerintah Daerah khususnya dalam penanggulangan bencana adalah “satu elemen yang penting dalam rangka meminimalisir dampak akibat terjadinya bencana’, terang Duwel Rawing.

Duwel Rawing dalam kunker itu di dampingi Wakil Ketua Hj Siti Nafsiah, Sekretaris Kuwu Senilawati dan anggota Komisi Hj Sri Neni Trianawati.

Menurut dia, salah satu hal yang penting dilakukan adalah melakukan pemetaan wilayah yang berpotensi bencana, karena karakteristik ataupun geografis setiap wilayah berbeda-beda. Hal tersebut perlu dilakukan sebagai bagian dari mitigasi dan adaptasi sehingga dapat “meminimalisir kerugian dan korban jiwa,”.katanya.

Masih diungkapkan, perlu adanya standarisasi data dan metode agar penyusunan KRB memilki standar yang sama di seluruh Indonesia. Kemudiam dalam upaya menerapkan manajemen penanggulangan bencana, ada 3 tahap yang dapat dilaksanakan. Diantaranya tahap pra bencana yang dilaksanakan ketika sedang tidak terjadi bencana dan ketika sedang delam ancaman potensi bencana.

Berita Lainnya
1 dari 527

Kemudian tahap tanggap darurat yang dirancang dan dilaksanakan pada saat sedang terjadi bencana, serta tahap pasca bencana yakni pada saat sesudah terjadinya bencana. Dan tahap pencegahan, mitigasi bencana dapat dilakukan yakni dengan membuat peta daerah rawan bencana, pembuatan alarm bencana, membuat bangunan tahan bencana serta memberikan penyuluhan kepada masyarakat yang tinggal di wilayah rawan bencana.

Dan tak kalah penting adalah ketersediaan sarana pendukung dalam melakukan pemetaan dan penanganan daerah rawan bencana, serta bagaimana pengelolaan manajemen bencana itu dilakukan, tambahnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Gumas Efrensia L.P. Umbing menyampaikan menyampaikan terimakasih atas perhatian Komisi III DPRD Kalteng kepada Kabupaten Gumas.Pihaknya juga mendukung adanya Perda penanggulangan bencana.

Ditegaskan pihaknya sangat mendukung adanya Perda penanggulangan bencana, dan pemetaan daerah rawan bencana. Keinginan itu semua sangat baik, “kita tau sering terjadi bencana alam, dan sekarang ada juga bencana non alam,”katanya.

Diungkapkan juga Pemkab Gumas sudah mengajukan Perda protokol kesehatan atau bencana non alam dan sudah di setujui dewan Gumas, saat ini masih dalam fasiliitasi di Provinsi.

Diakui pihaknya sedang melakukan pemeraan wilayah rawan bebcana, sesuai harapan Dewan, baik dalam mengatasi banjir, tanah longsong, kebakaran hutan dan lahan dan upaya mengatasi Pandemic Covid-19. (drt/k-10)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya