Ibnu – Arifin Diminta Segera Isi Jabatan Kosong Pemko Banjarmasin

Banjarmasin KP – Wakil Ketua DPRD Kota Banjarmasin, Tugiatno mengatakan, hingga saat ini ada puluhan jabatan di lingkungan pemerintah kota (Pemko) Banjarmasin kosong atau hanya diisi pelaksana tugas (Plt).

Guna mengisi kekosongan jabatan itu Tugiatno berharap Ibnu Sina – Arifin Noor yang resmi dilantik menjadi Walikota dan Wakil Walikota tanggal 23 Juni 2021 lalu sesegeranya menyiapkan bawahannya untuk mengisi jabatan tersebut.

“Mengingat kekosongan sejumlah jabatan ini sudah cukup lama dan dirangkap oleh Plt (Pelaksana Tugas).,” ujarnya kepada {KP} Rabu (30/6/2021).

Ia mengatakan, hingga saat ini ada beberapa jabatan Kepala SKPD yang diisi Plt, seperti Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR); Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil).

Selanjutnya Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja; Dinas Perindustrian dan Perdagangan. Terkahir Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP-Damkar)

Berita Lainnya
1 dari 3.204

Tak hanya itu, jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) pun sampai sekarang masih dijabat Plh, yakni oleh Mukhyar yang juga menjabat Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

“Kita tentu berharap Walikota bisa segera mengambil langkah cepat mengisi kekosongan jabatan ini, agar kinerjanya terbackup oleh satuan kerja masing-masing,” harap Tugiatno.

Politisi PDI-Perjuangan ini mengatakan, Plt yang mengisi kekosongan itu tidak bisa mengambil kebijakan strategis, dan kewenangannya pun terbatas. Oleh karena itu, Pemko harus segera melayangkan surat kepada Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), dan membentuk panitia seleksi (Pansel), serta menggelar open bidang. Agar kekosongan jabatan di SKPD segera terisi pejabat definitif.

“Jika tidak segera dilakukan, khawatirnya seluruh program pembangunan dan kinerja SKPD berjalan tidak maksimal. karena jabatan Plt kewenangannya terbatas,” sebut Tugiatno.

Tugiatno juga berharap, hasil seleksi atau lelang jabatan Kepala Dinas yang dilaksanakan beberapa waktu lalu segera dilantik. Sehingga kinerja SKPD dapat berjalan optimal.

“Harapan kita seperti itu, sehingga roda pemerintahan dapat berjalan maksimal, dan serapan anggaran pun dapat direalisasikan tepat guna, sehingga memberikan dampak signifikan untuk peningkatan pembangunan kota Banjarmasin sesuai yang telah diprogramkan,” demikian Tugiatno. (nid/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya