Kontraktor Mulai Garap Proyek Pembangunan Puskesmas Induk Sungai Andai

Banjarmasin, KP – Rencana pembangunan Puskesmas Induk Sungai Andai Kecamatan Banjarmasin Utara akhirnya segera teruwujud.

PT Pelita Andika Ambar Lestari selaku kontraktor pembangunan di wilayah cukup padat penduduk itu sudah mulai digarap .

Dari pantauan {KP} tahap awal pembangunan proyek dengan mengerjakan pembersihan lahan yang berlokasi di Jalan Kayu Manis RT 67 RW 02 Kelurahan Sungai Andai tersebut.

Ketua Dewan Kelurahan Sungai Andai Suriansyah menyatakan dengan dibangunnya puskesmas induk maka impian warga Sungai Andai memiliki fasilitas kesehatan yang representatif segera terwujud.

Suriansyah menilai, di wilayah Kelurahan Sungai Andai sudah seharusnya tersedia layanan fasilitas kesehatan karena jumlah penduduk sudah cukup padat.

Ia mengubgkapkan, aspirasi warga Sungai Andai dibangun Pusjrsnas Induk sudah lama diusulkan melalui jalur Musrenbang di Daerah Pemilihan (Dapil) Banjarmasin Utara.

Dia berharap, pekerjaan proyek pembangunan puskesmas ini dapat diselesaikan tepat waktu sehingga diharapkan secepat juga difungsikan untuk memberikan layanan kesehatan masyarakat.

“Kami berharap puskesmas nanti Bersih, Indah dan Hijau, dan dapat memberikan pelayanan 24 jam serta rawat inap,” katanya.

Sebelumnya Wakil Jetua Komisi IV DPRD Kota Banjarmasin Zainal Hakim memastikan, proyek pembangunan Puskesmas Induk Sungai Andai dikerjakan pada tahun ini.

“ Proses tender sudah selesai pemenangnya, yakni PT Pelita Andika Ambar Lestari,” ujarnya,

Berita Lainnya
1 dari 3.204

Zainal Hakim mengajui, proyek pembangunan fasilitas pelayanan kesehatan di atas lahan yang sudah dihibahkan Direktur Utama PT H Hasbullah kepada Pemko Banjarmasin seluas seluas sekitar 3000 meter persegi ini atas usulan warga.

Dipaparkan untuk merealisasikan proyek tersebut pagu anggaran disediakan sekitar Rp7 miliar dengan HPS sekira Rp6,7 miliar dan pemenang lelang menawar seharga Rp5,7 miliar.

“Harapannya pembangunan puskesmas tersebut sesuai jadwal dan tak terkendala. Jadi sudah berdiri akhir tahun ini,” pintanya.

Dikatakannya setelah pembangunan fisik Puskesmas Sungai Andai rampung, selanjutnya di 2022 kembali dianggarkan untuk perlengkapan dan peralatan kesehatan puskesmas tersebut.

Politisi PKB daerah pemilihan (Dapil) Banjarmasin Utara ini mengatakan, dengan adanya puskesmas di wilayah itu , warga Sungai Andai tidak jauh lagi untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin Machli Riyadi pembangunan Puskesmas Induk Sungai Andai dirancang dua lantai.

Machli menyebut sesuai anggaran disediakan dalam APBD Kota Banjarmasin tahun 2021, pembangunan Puskesmas Induk Sungai Andai dipersiapkan sekitar Rp 7,8 miliar.

Ia juga menjelaskan. pembangunan Puskesmas Sungai Andai dipersiapkan menjadi salah satu percontohan puskesmas terbesar dan termegah di Kalsel.

“Puskesmas yang akan dibangun itu nantinya juga akan dilengkapi fasilitas rawat inap serta sejumlah sarana lainnya,” ujarnya.

Dijelaskan, untuk pekerjaan fisik puskesmas langsung diawasi Dinkes. Hal ini berdasarkan Permendagri baru. (nid/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya