Iklan
Iklan
Iklan
Banjarmasin

Mimbar Bebas Kamisan Angkat Isu Dugaan Kekerasan Aparat Keamanan

×

Mimbar Bebas Kamisan Angkat Isu Dugaan Kekerasan Aparat Keamanan

Sebarkan artikel ini

Banjarmasin, KP – Aksi Kamisan yang dilakukan belasan mahasiswa di perempatan Jalan Lambung Mangkurat, Kota Banjarmasin Kali ini masih mengangkat isu adanya dugaan aksi kekerasan yang diduga kerap dilakukan oleh aparat keamanan terhadap mahasiswa ketika menggelar aksi unjuk rasa.

Android

Dari pantauan Kalimantan Post, terlihat, belasan mahasiswa Universitas Islam Kalimantan (Uniska) Banjarmasin menggelar mimbar bebas yang diisi dengan orasi dan juga pembacaan puisi.

Saat dibincangi awak media, Koordinator lapangan, Zikri Nur Abadi mengatakan, tindakan kekerasan oleh aparat tidak hanya terjadi di luar daerah saja. Tapi, juga terjadi di Kalsel.

Seperti yang baru-baru ini terjadi. Atau tepatnya, saat mahasiswa melakukan aksi unjuk rasa #SaveKPK. Baik Jilid I maupun Jilid II.

Padahal, menurut pemuda yang saat ini juga menjabat sebagai Presma Uniska Banjarmasin itu l, selama menjalankan aksi unjuk rasa, rekan-rekannya dari kalangan mahasiswa selalu berupaya agar aksi berjalan dengan baik.

“Kami tidak mau gegabah. Karena kami sebagai mahasiswa, juga sebagai penyampai aspirasi masyarakat,” tambahnya.

Untuk itu, ia mengutuk aksi tindak kekerasan yang dilakukan aparat keamanan. Karena pada dasarnya, aparat ada untuk mengayomi masyarakat.

“Kami hanya mengingatkan. Bahwa tindak kekerasan oleh aparat ini juga memicu banyaknya pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM), di tahun 1998 lalu,” tegasnya.

Di sisi lain. Mengingat sudah seringnya aksi kamisan digelar, Zikri pun membeberkan bahwa tuntutan yang disuarakan memang tidak semua didengar oleh pemerintah.

Tapi setidaknya, melalui aksi tersebut, mereka turut serta membantu mencerdaskan masyarakat. Membuka mata masyarakat bahwa ada banyak sekali hal yang perlu disoroti sehingga baik pemerintah maupun aparat mesti diawasi.

“Dan saya rasa, masyarakat menyambut baik akan hal itu,” tuntasnya. (Zak/KPO-1)

Iklan
Iklan