Rugikan Negara, Mantan Camat Ditahan

Palangka Raya, KP – Ingin cari untung dari pengelolaan dana desa, mantan Camat Katingan Hulu, Kabupaten Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah, Hernadie (56) terpaksa ditahan dan ditetapkan menjadi tersangka tindak pidana korupsi oleh Kejaksaan Tinggi Kalimantan Tengah (Kejati Kalteng).

Mantan Camat Hernadie usai diperiksa, dan masih mengenakan pakaian dinas aparatur sipil negara (ASN) ini dengan dugaan penyelewengan dana desa tahun 2020 dan langsung dijebloskan ke balik jeruji besi, Senin (19/7).

Asisten Tindak Pidana Khusus (Aspidsus) Kejati Kalteng, Douglas Pamino Nainggolan mengatakan, modusnya mengkoordinir 11 desa wilayah itu untuk membangun infrastruktur jalan antar desa, bekerjasama dengan pihak kontraktor, diminta wajib menyediakan anggaran mulai 2020 sebesar Rp500 juta.

Berita Lainnya
1 dari 1.409

“Tetapi dalam prakteknya, oknum mantan camat bersama kontarktor ini tidak melakukan pekerjaan yang sudah disepakati. Sehingga dalam hal ini mengakibatkan kerugian negara sebesar Rp 2,7 miliar,” jelasnya, kepada awak media.

Diungkapkannya, selain Hernadie, pihaknya juga sudah menetapkan H Asang Triasha selaku kontraktor terlibat penyelewengan dana tersebut.

Dijelaskan, tersangka H Asang Triasha selaku kontraktor belum bisa dihadirkan lantaran ada sesuatu hal yang belum memungkinkan. Akan tetapi statusnya sama ditetapkan tersangka.

Dalam kasus ini, terdapat dua tersangka yaitu oknum mantan camat dan kontraktor. “Namun kontraktor belum dilakukan penahanan lantaran ada sesuatu lain hal,” tuturnya. (drt/K-4)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya