Satgas Covid-19 HSS Beri Kesempatan
Se Pekan Mantapkan Sekolah Tatap Muka

Kandangan, KP – Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) kembali melaksanakan rapat koordinasi (Rakor) Jumat (16/7/2021) pagi di Aula Rakat Mufakat Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten HSS.

Pada Rakor itu, salah satunya membahas terkait sekolah dengan pembelajaran tatap muka (PTM). Bupati HSS Achmad Fikry mengatakan, hasil pemantauan Camat, Kapolsek, Danramil di sekolah yang menerapkan PTM, sebagian berjalan dengan lancar.

Kendati demikian tambahnya, upaya pencegahan penyebaran Covid-19 tidak bisa hanya diserahlan ke sekolah, tetapi harus ada peran orang tua. Ia mengungkapkan, dalam pemantauan PTM masih ada kerumunan, yakni kumpulan orangtua khususnya untuk anak kelas 1 SD dan TK.

Berdasarkan kesepakatan, pihaknya memberikan kesempatan jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) dan Kantor Kemenag HSS, untuk memantapkan persiapan PTM pada Senin sampai Sabtu pekan depan.

“PTM minggu depan ditiadakan, untuk memberikan kesempatan agar memastikan kesiapan sekolah yang lebih baik. Karena Pemerintah ingin kesiapan Pemkab dengan kesiapan sekolah sama,” jelas Achmad Fikry.

Ia menekankan kesiapan TK perlu dipertimbangkan dengan matang. “Kalau ingin membuka TK, siapkan ruang untuk orangtua agar tidak berkerumun,” imbaunya.

Berita Lainnya
1 dari 528

Apabila perkembangan Covid-19 tidak meningkat signifikan, sekolah PTM bisa berlanjut di pekan depannya lagi.

“Mungkin tidak semua sekolah, bagi sekolah yang betul-betul siap bisa dibuka. Bagi yang tidak siap mungkin tidak perlu dibuka, tapi kalau semua sekolah siap silakan saja. Jadi tergantung dengan upaya-upaya selama seminggu ini,” tambahnya.

Pihaknya menyerahkan kepada Disdikbud dan Kemenag HSS untuk menentukan, semua sekolah atau sebagian saja yang bisa PTM.

Pada Rakor itu, juga membahas terkait rumah sakit perawatan Covid-19, termasuk mengecek ketersediaan oksigen, tempat tidur dan lainnya. Sebab, terjadi penambahan kasus Covid-19 kembali yang cukup signifikan.

Rakor itu juga menyepakati, penertiban protokol kesehatan yang sebelumnya dua kali, menjadi tiga kali sehari.

Rakor turut dihadiri Kapolres HSS AKBP Siswoyo, Sekda Muhammad Noo, Kepala Kantor Kemenag HSS Saribuddin, Kepala Disdikbud HSS Siti Erma, dan Kepala SOPD terkait lainnya. (tor/K-6) 

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya