Vaksinasi Masyarakat Tabalong Libatkan TNI dan Polri

Tanjung, KP – Upaya pencegahan sebaran Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 di Kabupaten Tabalong terus dilakukan, diantaranya dengan menggelar vaksinasi untuk masyarakat melalui program TNI dan Polri.

Terkait hal itu, Rabu (14/7/2021) di Tanjung, Juru Bicara (Jubir) GTPP Covid-19 Kabupaten Tabalong Gusti Judid Ihsan Permana mengungkapkan bahwa hari itu giliran vaksinasi bagi masyarakat di laksanakan di Puskesmas Hikun Kecamatan Tanjung dan vaksinasi untuk anak-anak usia 18 tahun kebawah dilaksanakan oleh Polres Tabalong.

Sebelumnya menurut Judid, vaksinasi untuk tenaga pendidik (guru) dosis kedua juga dilaksanakan sehari sebelumnya di Rumah Sakit Covid Center Usman Dundrung, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Tabalong.

Vaksinasi ini sempat tertunda yang terakhir pada tanggal 7 Juli 2021 dan kemudian direncanakan tanggal 8-9 Juli 2021 sempat tertunda dikarenakan stok vaksin di Kabupaten Tabalong sedang kosong dan sebelumnya tanggal 7 Juli 2021, pihaknya telah meminta kepada Instalasi Provinsi Kalimantan Selatan untuk stok vaksin di Tabalong. 

“Kita telah meminta kepada pihak Instalasi Provinsi, namun memang stok vaksin yang ada di Kalsel memang kosong,” ujarnya.

Berita Lainnya
1 dari 273

“Namun, alhamdulilah kemarin pada hari Jumat telah diberitahukan bahwa vaksin relah tersedia,” sebut Judid.

Kemudian, lanjut Judid pihaknya langsung mengambil alokasi vaksinasi dari Dinas Kesehatan berjumlah 100 vial vaksin, TNI berjumlah 70 vial vaksin, dan Polri 60 vial vaksin.

“Jadi, keseluruhan vaksin yang dilaksanakan di Tabalong, alokasinya dari Dinas Kesehatan, TNI, dan Polri berjumlah 230 vial vaksin,” ujar Judid seraya menambahkan bahwa saat ini total keseluruhan penerima vaksin dari tenaga pendidikan didosis pertama sudah mencapai 76 persen atau sekitar 5460 lebih, dan di tahap kedua ini baru 20 persen.

Adapun untuk prioritas pelaksanaan vaksinasi kali ini ujarnya adalah tenaga pendidik di Kabupaten Tabalong yang telah melaksanakan vaksinasi dosis pertama sebelumnya. 

“Jadi ini kita melaksanakan vaksin dosis kedua untuk mereka,” ujarnya.

“Untuk dosis vaksinasinya mungkin dosis satu atau dua, menyesuaikan dengan ketersediaan vaksin. Dan kita juga sampai sekarang masih tetap memohon, kalau kita lihat ini kan stoknya dibandingkan kemarin masih sedikit, jadi kita sambil melaksanakan vaksin sambil memohon ketersediaan vaksin,” demikian pungkas Jubir GTPP Covid-19 Tabalong yang juga sebagai Kabag Protokol Setda Tabalong ini. (ros/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya