Desa Pandan Sari Resmikan Rumah Isolasi Mandiri, Pertama di Kecamatan Tatah Makmur

Berita Lainnya

Generasi Muda Banjar Diajak Jadi Bintara Polri

Rakor Camat Bahas Pengelolaan Keuangan Desa

1 dari 649

Martapura, KP – Langkah cepat untuk mencegah penyebaran virus covid-19 yang terus meningkat dilakukan pihak Desa Pandan Sari, Kecamatan Tatah Makmur Kabupaten Banjar.
Dimana, Kamis (26/08/2021) pihak Desa Pandan Sari, melakukan proses pencegahan dengan meresmikan Rumah Isolasi Mandiri, bagi warga yang terpapar atau positif terinfeksi virus corona.
Selain itu, pihak desa juga mendirikan Posko PPKM Mikro di depan pintu masuk desa, yang berbatasan dengan Kecamatan Banjarmasin Selatan, Kota Banjarmasin tersebut.
Kepada KP, Muhammad Rahimi selaku Pambakal Desa Pandan Sari, menyebut dalam kegiatan ini pihaknya juga melakukan penyemprotan di tempat keramaian dan mengadakan tempat cuci tangan di setiap warung yang berada di Desa Pandan Sari.
“Kami bertindak cepat dalam hal pencegahan penyebaran covid-19 ini dengan melibatkan semua Aparat Desa Pandan sari, dibantu Linmas, RT, RDS. Saya berharap semoga dengan adanya tindakan ini mampu mencegah penyebaran virus covid-19 serta membuat masyarakat semakin sadar akan pentingnya prokes dan selalu menjaga kebugaran tubuh,” harapnya.
Dituturkan, untuk biaya pihaknya menggunakan dari Anggaran Dana Desa.
Pemkab Banjar memperbolehkan Desa untuk menganggarkan Dana Desa untuk digunakan dalam penanganan covid-19,’’ terangnya. Hal tersebut di apresiasi Kepala UPT Puskesmas Tatah Makmur Husni Nafarin, yang turut menyaksikan acara peresmian. Langkah ini merupakan hal luar biasa serta harus dicontoh desa lain agar bisa memaksimalkan anggaran Dana Desa yang boleh digunakan dalam menekan angka penyebaran covid-19.
“Saya sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan pihak Desa Pandan Sari. Semua lini bersama memerangi penyebaran covid-19. Selain mendirikan Posko PPKM Mikro disamping itu juga dibagikan masker serta Handsenitizer ke warga yang lewat,” ungkapnya.
Terpisah, Karlina selaku pendamping desa di Kecamatan Tatah Makmur, menyebut khusus untuk keberadaan Rumah Isolasi Mandiri di Desa Pandan Sari, merupakan yang pertama dari 13 Desa di kecamatan setempat.
“Desa Pandan Sari, merupakan desa pertama yang berinisiatif menyediakan Rumah Isolasi Mandiri bagi warganya,’’ terangnya.
Kegiatan sendiri berjalan lancar, dengan disaksikan sejumlah pihak baik Kecamatan, Kesehatan, Pendamping Desa serta unsur terkait lainnya. (KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya