DPRD Kawal Pelaksanaan Anggaran APBD Perubahan 2021

Banjarmasin, KP – Komisi IV DPRD Kota Banjarmasin menyatakan komitmennya untuk mengawal setiap program atau kegiatan yang diusulkan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD yang menjadi mitra kerjanya dalam APBD Perubahan tahun 2021.

” Seperti anggaran bidang pendidikan, kesehatan, kepemudaan dan olahraga serta bidang sosial yang menjadi mitra kerja komisi IV yang dananya sudah ditetapkan dalam APBD Perubahan tahun 2021,” kata

Ketua Komisi IV DPRD Kota Banjarmasin, Norlatifah, SE. Hal itu dikemukakannya MB menyusul ditandatanganinya persetujuan bersama Perda APBD Perubahan Kota Banjarmasin Tahun Anggaran 2021 yang digelar dalam rapat paripurna DPRD, Kamis (28/8/2021) lalu.

Ia juga berharap, anggaran guna melaksanakan program atau kegiatan terutama bidang pendidikan dan kesehatan itu tidak dipangkas.

Masalahnya kata Norlatifah, karena anggaran dialokasikan dalam upaya membiayai peningkatan mutu serta sarana pendidikan dan kesehatan ini menjadi urusan wajib atau pelayanan dasar bagi pemerintah untuk terus ditingkatkan.

” Terlebih dalam APBD dan APBD Perubahan tahun 2021 ini dimana anggaran bidang kesehatan menjadi skala prioritas, selain anggaran untuk pemulihan ekonomi guna mengatasi akibat dampak mewabahnya virus corona (Covid-19),” ujarnya.

Norlatifah yang akrab disapa Lala ini mengemukakan, selain mengawal pembahasan RAPBD komisi IV nantinya juga akan melakukan pengawasan terhadap alokasi anggaran yang telah dituangkan dalam APBD Perubahan apakah digunakan sesuai rencana dan dimanfaatkan secara optimal serta tepat sasaran oleh SKPD terkait.

Berita Lainnya

Bakal Ada Banyak Kursi dan Lampu Taman

1 dari 3.541

Disebutkan pada APBD Perubahan tahun anggaran 2031 ini Dinas Kesehatan mendapatkan anggaran sebesar Rp 494 miliar sedang Dinas Kesehatan Rp 364 miliar.

Sementara di tempat yang sama Kabid Anggaran Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Kota Banjarmasin Eddy Wibowo menjelaskan, pada APBD Perubahan tahun 2021 ini Pemko Banjarmasin mendapat tambahan Rp 60 miliar..

“Anggaran sebesar itu bersumber dari dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang disalurkan oleh pemerintah pusat,” ujarnya

Anggaran untuk pendidikan tersebut kata Eddy Wibowo, dimasukan dalam APBD-P tahun 2021 Kota Banjarmasin dengan total yang telah disetujui bersama antara walikota dengan pihak dewan sebesar Rp 1,9 triliun.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kota Banjarmasin H Muhammad Yamin mengatakan, bahwa pelaksanaan APBD Perubahan yang sudah disepakati oleh pemerintah kota dan Banggar DPRD nantinya akan diawasi oleh komisi di dewan sesuai mitra kerja masing-masing.

Ia juga mengingatkan, seluruh SKPD sesegeranya merealisasikan kegiatan yang telah diprogramkan dalam APBD Perubahan 2021 tahun ini.

” Masalahnya, karena waktu untuk merealisasikan kegiatan yang diprogramkan dan anggarannya dialokasikan dalam APBD Perubahan hanya sekitar empat bulan lagi,” tutup HM Yamin. (nid/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya