Kemenkoinfo Dukung Pengembangan SPBE SSO Diskominfo HSU

KP/Ist

Amuntai, KP – Film upaya meningkatkan pelayanan publik dinas komunikasi dan Informatika Kabupaten Hulu Sungai Utara akan mengembangkan Sistem Kepemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) melalui penerapan layanan sistem single sign on (SSO) untuk mewujudkan layanan publik yang terintegrasi.

Sistem Single Sign On (SSO) adalah pengintegrasian dalam satu kesatuan yang nantinya akan sangat bermanfaat bagi masyarakat dikarenakan cukup memiliki satu akun saja untuk mendapatkan setiap layanan, serta akan berdampak kepada Pemerintah Daerah untuk dapat memanfaatkan data dari seluruh SKPD untuk pengambilan keputusan serta terjaminnya keamanan data dan aplikasi.

Terkait dengan upaya yang akan dilaksanakan oleh Diskominfo HSU tersebut mendapat dukungan dari Kementerian Kominfo (Kemenkominfo).

melalui Direktur E-Government Kemenkominfo Bambang Dwi Anggono, siap mendukung serta fasilitasi Pengembangan Sistem Kepemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) melalui penerapan layanan sistem single sign on (SSO) untuk mewujudkan layanan publik yang terintegrasi di Kabupaten Hulu Sungai Utara melalui Via zoom yang bertempat di mess nagara dipa. Rabu (4/8) lalu.

Pengembangan Sistem Kepemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) melalui penerapan layanan sistem single sign on (SSO) yang digagas atau diprakarsai oleh Kepala Dinas Kominfo HSU, H. Adi Lesmana.

Berita Lainnya

Pelamar Formasi PPPK Guru di HSU 448 Orang

1 dari 383

Bambang Dwi Anggono dalam kesempatan itu menyampaikan, terkait SSO kemenkominfo siap membantu dan memfasilitasi dalam penerapannya di HSU.

“Tentunya kita akan dukung, tidak perlu biaya apapun, nanti akan kita sediakan server, aplikasi dan sistem SSO nya akan kita siapkan jadi tinggal pakai saja,” ujarnya.

Pada keaempatan itu memberi masukan SSO atau Portal dibagi menjadi 2 yang sifatnya internal dan bersifat publik demi keamanan data yang ada.

“Mungkin arsitekturnya dari SSO ini dapat disesuaikan atau dipisah yang sifatnya internal dan publik agar terjaminnya keamanan data, untuk layanan publik aplikasinya tersendiri, untuk layanan internal daerah juga tersendiri”, lanjutnya.

Kepala Diskominfo HSU, H. Adi Lesmana mengungkapkan, kedepannya dirinya akan memperbaiki SPBE SSO agar sesuai dengan masukan yang diberikan dari pihak Kemenkominfo.

Langkah yang akan dilaksanakan konsultasi lanjutan bersama kemenkominfo, serta sosialisasi dengan SKPD masalah SPBE setelah Perbup SPBE selesai. (nov/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya