Lanal Banjarmasin Gelar Donor Darah Plasma Konvasalen

Banjarmasin, KP – Meningkatnya masyarakat yang terpapar Covid-19, menyebabkan permintaan donor darah Plasma Konvalesen pun ikut tinggi. Tidak menutup kemungkinan hal yang sama, juga terjadi bagi masyarakat Maritim (Pesisir) yang berdomisili di daerah pedalaman/pelosok.

Menyikapi hal tersebut TNI AL – Lanal Banjarmasin bekerja sama dengan Komando Armada II (Koarmada) dan PMI (Palang Merah Indonesia) Kab. Banjarbaru menggelar kegiatan donor darah serentak dan donor Plasma Konvalesen, Kamis (12/8).

Kegiatan diikuti Prajurit (keluarga besar TNI AL), PNS, masyarakat Maritim (Pesisir) dan personel perwakilan dari unsur TNI – Polri di Wilayah Kalsel.

Kegiatan donor darah serentak dan donor Plasma Konvalesen inipun disiarkan secara langsung secara Vicon (Video Conference) dari Jakarta yang dipimpin langsung oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M dengan didampingi Ketua PMI pusat Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla, Kegiatan tersebut serentak diikuti oleh seluruh jajaran TNI AL se – Indonesia.

Pjs. Ka. BP (Balai Pengobatan) Lanal Banjarmasin Mayor Laut (K/W) dr. Meutia Indrasakti mengatakan, warga pesisir antusias untuk mendonorkan darahnya.

Berita Lainnya

Pedagang Bakso Ditemukan Tergeletak tak Bernyawa

Tawuran di Siring Tandean Terekam Video Drone

1 dari 1.490

“Adapun jumlah peserta donor Plasma Konvalesen sebanyak 11 orang dan yang lolos Screaning 3 orang, untuk peserta donor darah serentak sebanyak 84 orang dan yang lolos Screaning 63 orang,” ujar ketua panitia pelaksanaan donor Plasma Konvalesen ini.

Ia berharap, darah yang disedekahkan itu bisa membantu pemulihan kesehatan di tanah air, kerana donor darah serentak ini akan menambah kekurangan stok darah PMI di Kalsel.

Terpisah, Komandan Lanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko, M.Tr.Hanla menyampaikan, kegiatan ini merupakan perintah langsung dari Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M melalui Panglima Komando Armada II (Pangkoarmada) Laksamana Muda TNI Iwan Isnurwanto S.H.,M.A.P.,M.Tr (Han)

“Ini dalam rangka pemenuhan ketersediaan Donor Plasma Konvalesen untuk PMI di seluruh tanah air,” katanya.

Dikatakannya, kebutuhan darah khususnya Plasma sangat tinggi pada saat pandemi ini, oleh karena itu Lanal Banjarmasin berinisiatif mengajak dan menggugah masyarakat untuk bersama mendonorkan darah Plasma.

“Hal itu guna membantu saudara-saudara kita yang membutuhkannya, karena dengan memberikan setetes darah maka akan menyelamatkan kehidupan sesama,” katanya. (fik/K-4)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya