Nelayan Pulang Melaut Jadi Sasaran Servak Covid-19 TNI AL – Lanal Banjarmasin

Banjarmasin, KP – Dengan semakin meningkatnya angka penyebaran Wabah Covid-19 di elemen masyarakat Kalimantan Selatan, kali ini Pangkalan TNI AL (Lanal) Banjarmasin kembali melaksanakan Serbuan Vaksinasi (Servak) Covid-19 secara totalitas dengan memanfaatkan sarana dan prasarana yang ada, bertempat di Dermaga Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Banjar Raya Kec. Banjarmasin Barat, Minggu (22/08/21).

Kegiatan Servak Covid-19 ini diikuti oleh warga Pesisir Kec. Banjarmasin Barat dan Kec. Banjarmasin Utara yang belum pernah diVaksin sama sekali, namun Servak yang diutamakan adalah para Nelayan yang berhari-hari mencari ikan di Laut dengan membawa hasil ikan tangkapannya.

Sebanyak 9 kapal nelayan beserta pengawaknya yang baru datang dan bersandar di Dermaga TPI Banjar Raya inipun jadi sasaran Servak massal, selanjutnya dengan Prokes ketat 9 Nakes (Vaksinator) Lanal Banjarmasin melaksanakan Servak di dua tempat yaitu di Area Dermaga dan di atas kapal nelayan. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk upaya Lanal Banjarmasin dalam percepatan pemerataan Suntikan Vaksin di Wilayah Pesisir Kalsel, dengan demikian mereka tidak perlu susah payah mendatangi Rumah Sakit ataupun Puskesmas untuk mendapatkan Vaksinasi.

Berita Lainnya
1 dari 7

Pada saat menghadiri, Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko, M.Tr. Hanla mengatakan kegiatan Servak Covid-19 terhadap para nelayan ini dalam rangka turut serta mensukseskan program Pemerintah untuk pencegahan penyebaran Wabah Covid-19 dan menindaklanjuti perintah dari Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., agar jajaran TNI AL untuk terus  berperan aktif menggencarkan Servak
kepada warga Pesisir, khususnya para Nelayan guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di wilayah kerja masing-masing, menuju Indonesia sehat dan bebas Covid-19.

“Diharapkan dengan Vaksinasi ini dapat meningkatkan Herd Immunity (Kekebalan Kelompok) para Nelayan, sehingga tetap bisa mencari ikan di Laut, karena produktivitas nelayan di Sektor Kelautan dan Perikanan dapat membantu dan menopang ketahanan pangan serta percepatan pertumbuhan ekonomi nasional di musim Pandemi ini,” terang Danlanal.

Dari pendaftar sebanyak 96 orang, semuanya berhasil divaksinasi dengan aman dan sehat dengan menggunakan Vaksin jenis Sinovac, dari total keseluruhan Servak Covid-19 yang digelar oleh Lanal Banjarmasin, sampai dengan saat ini sudah berhasil melakukan Servak secara massal terhadap warga Pesisir Kalimantan Selatan sebanyak 9.267 orang (930 Vial).

Usai pelaksanaan Vaksinasi sebagian Nelayan merasa tenang dan tidak ragu-ragu lagi turun ke Laut untuk mencari ikan, karena sudah di Vaksin Covid-19 oleh Prajurit Lanal Banjarmasin, sehingga terlindungi dari penularan Virus Corona. (KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya