Rehab Gedung DPRD Banjarmasin Kembali Diwacanakan

Banjarmasin, KP – Setelah beberapa kali tertunda, rencana pembangunan gedung DPRD Kota Banjarmasin kembali diwacanakan.

Keterangan diperoleh menyebutkan, untuk anggaran pembangunan gedung wakil rakyat ini terungkap dalam pembahasan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementra (KUA/PPAS) tahun anggaran 2022.

Wakil Ketua DPRD Kota Banjarmasin Tugiatno membenarkan rencana pembangunan kantor perwakilan rakyat yang beralamat di kawasan Jalan Lambung Mangkurat ini.

” Dalam pembahasan KUA/PPAS tahun anggaran 2022 pembangunan kantor DPRD Kota Banjarmasin diusulkan sebesar Rp 50 miliar,” kata Tugiatno kepada {KP} Jumat (13/8/2021) kemarin.

Dijelaskan, penyediaan anggaran sebesar itu diprogramkan selama dalam dua tahun anggaran yaitu pada APBD tahun anggaran 2022 dan tahun anggaran 2023.

” Dengan begitu pembangunan Kantor DPRD Kota Banjarmasin direncanakan direalisasikan dengan sistem multi year,” ujarnya.

Meski demikian, Tugiatno belum berani memastikan apakah nantinya program ini disetujui. Mengingat ujarnya, KUA/PPAS APBD tahun anggaran 2022 masih dibahas.

Berita Lainnya
1 dari 3.587

Meski lanjutnya, diusulkan pada APBD 2022 namun karena dewan tentunya akan mempertimbangkan banyak hal.

” Apalagi kondisi sedang sulit di tengah ancaman dampak pandemi Covid-19,” ujarnya.

Ia mengatakan, rehab kantor DPRD Kota Banjarmasin sebenarnya sudah lama diwacanakan karena dinilai sudah sangat tidak representatif lagi.

Dijelaskan, rehab kantor DPRD direncanakan dengan melakukan penambahan gedung yang berada di bagian samping .

Ia menyebutkan bangunan tambahan tersebut akan diperuntukkan untuk ruang komisi-komisi, fraksi-fraksi, ruang rapat, aula, ruang pertemuan, perpustakaan serta mushola.

Bentuk bangunan menurutnya, dengan sistem panggung, sehingga lahan yang berada di bawahnya akan dimanfaatkan untuk parkir. Nantinya bangunan tambahan tersebut diperuntukkan khusus untuk kegiatan dewan.

“Sementara, bangunan lama akan dikhususkan untuk kegiatan kesekretariatan,” katanya, seraya menambahkan bangun direncanakan berlantai empat.

Ia juga mengemukakan , jika membandingkan kantor DPRD daerah lain khususnya kabupaten/kota seluruh Kalsel, mungkin hanya satu-satu Kantor DPRD Kota Banjarmasin yang bangunannya paling lama dan sudah tidak memadai lagi. (nid/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya