Tingkatkan Kualitas dan Harga Karet Distan Fasilitasi Bentuk UPPB

Paringin, KP – Pemerintah Kabupaten Balangan melalui Dinas Pertanian memfasilitasi terbentuknya Unit Pengolahan dan Pemasaran Bahan (UPPB) Olah Karet  di kabupaten Balangan. Salah satunya adalah untuk mendorong peningkatan mutu dan kualitas karet karena anjloknya harga karet dipengaruhi kualitas karet

Kasi Pengolahan Pemasaran Hasil Perkebunan Dinas Pertanian, Ahmad Asmadi mengatakan  dengan adanya UPPB ini diharapkan dapat mewujudkan petani karet yang mandiri, tangguh, dan sejahtera. Diakuinya, total UPPB yang tersebar di Kabupaten Balangan mencapai 27 unit, salah satunya di Desa Haur Batu Kecamatan Paringin yang baru dibentuk.

“Kali ini kita membentuk UPPB di Haur Batu Kecamatan Paringin , selanjutnya nanti ada 2 UPPB lagi yang akan di bentuk yakin di Taluk Bayur Kecamatan Juai dan Auh Kecamatan Tebing Tinggi, ini merupakan program pusat yang turun ke provinsi dan kabupaten,” ujarnya, baru baru tadi.

Disebutkannya, anjloknya harga karet ditingkat petani tidak hanya disebabkan oleh pengaruh ekonomi global. Namun faktor signifikan yang mempengaruhi rendahnya harga karet ialah mutu atau kualitas dari karet itu sendiri. Selain dua faktor itu, faktor lainnya yang dapat menyebabkan rendahnya harga karet dikalangan petani dikarenakan adanya permainan harga yang dilakukan oleh para pengepul karet yang ada di daerah setempat.

Berita Lainnya
1 dari 520

Ia juga menyampaikan UPPB di bentuk dari beberapa kelompok tani dalam suatu desa maupun beberapa desa. Menurutnya dengan adanya UPPB bisa membantu petani dalam mengelola hasil karet yang berkualitas dan harga yang meningkat.

“Sehingga nantinya dengan adanya UPPB dapat memilih kemampuan, seperti cara penyadapan, pembelian, pasca panen, pengawas mutu bokar itu sendiri,” katanya.

Harapannya dengan melalui UPPB petani dapat menjual hasil panen melalui sistem kemitraan mampun bisa langsung kepada pabrik pengolah atau eksportir.

“Dengan adanya UPPB ini tentunya nanti bisa meningkatkan hasil panen karet yang berkualitas dan harganya lebih baik, sehingga bisa membantu petani karet meningkatkan ekonominya,” pungkasnya. (srd/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya