Dispora gelar Seleksi Pemuda Pelopor

Banjarmasin, KP – Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Provinsi Kalimantan Selatan, H Hermansyah menuturkan peranan pemuda sangat diperlukan dalam mendukung pembangunan Banua.

“Untuk itu, diperlukan pemuda yang berkualitas dan memiliki daya saing yang tinggi. Pemuda yang memiliki kapasitas, karakter, dan berdaya saing tinggi sangat diperlukan untuk mewujudkan kemandirian bangsa,” sebut pria yang akrab disapa Herman, Selasa (31/8).

Menurut Hermansyah, Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Selatan, berkomitmen untuk mencetak generasi muda yang berkualitas. Salah satu programnya adalah dengan mengadakan program Seleksi Pemuda Pelopor Kalsel.

Tahun ini, program Pemuda Pelopor digelar di Hotel Aston Banua Gambut, Kabupaten Banjar, 30-31 Agustus. Ada 20 pemuda dan pemudi dari berbagai Kabupaten/Kota di Kalsel yang mengikuti kegiatan ini.

Herman menuturkan para pemuda yang terpilih dari program Pemuda Pelopor Kalsel 2021 ini diharapkan bisa membawa perubahan yang positif di kalangan masyarakat. “Mudah-mudahan, para pemuda hasil seleksi Pemuda Pelopor Kalsel 2021 ini bisa merintis jalan dan melakukan terobosan, guna menjawab tantangan dan mencari solusi di tengah berbagai persoalan yang ada di masyarakat,” harap Hermansyah.

Berita Lainnya
1 dari 428

Sementara itu, Kepala Bidang Pengembangan Pemuda Dispora Kalsel, Heru Susmianto, menyebutkan, kegiatan Pemuda Pelopor Kalsel merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahun.

“Untuk tahun ini, antusiasme para pemuda untuk mengikuti kegiatan ini sangat tinggi dan lebih banyak daripada tahun lalu. Yakni, diikuti 20 pemuda dan pemudi terbaik yang mewakili daerah masing-masing. Para peserta mengikuti serangkaian tahapan seleksi dan diminta mempresentasikan ide-ide kepeloporannya di hadapan para juri,” papar Heru.

Dispora Kalsel nantinya akan mengirimkan Pemuda Pelopor Kalsel, khususnya yang terpilih menempati posisi ranking 1 masing-masing bidang, untuk tampil di ajang Pemilihan Pemuda Pelopor tingkat nasional.

Untuk bidang kepeloporan yang dipresentasikan meliputi pendidikan, pangan, inovasi teknologi. Serta, bidang pengelolaan sumber daya alam, lingkungan, dan pariwisata. Juga bidang agama, sosial, dan budaya.

Berdasarkan penilaian para juri, para juaranya adalah M Khofi (Kabupaten Tala, bidang pendidikan), Nila Cahya (Banjarbaru, bidang pengelolaan sumber daya alam, lingkungan, dan pariwisata), Zainal Fuadi (Hulu Sungai Utara, bidang agama, sosial, dan budaya), Dhea Maulida (Banjarmasin, bidang pangan), Chairul Abdul Umar (Kabupaten Tala, bidang inovasi teknologi).

Kegiatan Seleksi Pemuda Pelopor Kalsel disaksikan Sekretaris Dispora M Ramlan dan Kasi Kepemimpinan Kepeloporan Kepramukaan dan Organisasi Pemuda Dispora, H Rokhyatin Effendi, M.AP, serta beberapa pejabat Dispora Kalsel lainnya dan dari Dispora Kabupaten/Kota. (nets/nfr/k-9)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya