Masuki Birokrasi Era 4.0, ASN Tala Harus Beradaptasi Mengikuti Budaya Masa Kini

Pelaihari, KP – Seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kabupaten Tanah Laut (Pemkab Tala) dituntut untuk bisa beradaptasi dengan kemajuan zaman, khususnya pada pelaksanaan birokrasi kerja yang beriringan dengan Revolusi Industri 4.0.

Hal tersebut disampaikan Bupati Tala HM Sukamta dalam rapat Evaluasi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Tahun 2021 bersama Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB) secara virtual, bertempat di Ruang Barakat Sekretariat Daerah (Setda) Tala, Jum’at (3/9/2021).

“Tidak hanya mempraktekkan Birokrasi Weberian yang mengacu pada hierarki panjang, kita juga harus bergeser ke birokrasi modern yang mengacu pada kecepatan dan ketepatan pelayanan publik sesuai dengan kemajuan zaman 4.0. Ini adalah tuntutan yang harus dilaksanakan seluruh ASN kita”, ungkap Sukamta.

Pelaksanaan birokrasi modern yang dimaksud Sukamta ternyata bukan sekedar harapan tanpa aksi nyata. Capaian indeks RB Pemkab Tala dari hasil evaluasi Kemenpan RB sejak tahun 2018 cenderung meningkat. Pada tahun 2018 indeks RB Pemkab Tala berada pada indeks 48,93, di tahun 2019 naik pada indeks 53,48, dan pada tahun 2020 naik pada indeks 56.21. Di tahun 2021 ini Sukamta kembali mengajak seluruh ASN untuk tetap fokus dalam bekerja, memperbaiki kekurangan, dan meningkatkan inovasi.

Berita Lainnya

DPRD Kembali Gelar Dua Agenda Paripurna

Pemkab Gelar Penyuluhan Wawasan Kebangsaan

1 dari 483

“Mewujudkan RB ini harus ada kebersamaan. ASN kita harus mengikuti budaya kerja masa kini, sudut pandang yang luas, kerja cepat dan efektif dalam memberikan pelayanan. Kita wujudkan pemerintahan yang kredibel, akuntabel, dan pemerintahan yang benar-benar melayani masyarakat”, imbuhnya.

Sukamta juga berharap para ASN terus meningkatkan kompetensi dengan mengikuti pendidikan dan pelatihan (diklat). Hal ini demi regenerasi Sumber Daya Manusia (SDM) ASN Tala yang mampu bersaing menghadapi tantangan kemajuan zaman yang semakin canggih.

“Saya selalu membuka peluang dan mempersilakan ASN yang ingin mengikuti diklat. Ini diperlukan untuk memperkuat kualitas ASN kita. Regenerasi terus berlanjut, banyak pejabat ASN kita yang akan pensiun, kita perlu ASN berkualitas baru yang akan mengisi jabatan-jabatan itu nantinya”, pungkasnya.

Dalam rapat tersebut dipaparkan pula program-program unggulan Pemkab Tala dan beberapa pelaksanaan birokrasi pelayanan.

Materi tersebut disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Tala H Dahnial Kifli kepada Tim Kedeputian Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas, dan Pengawasan (RBkunwas) pada KemenpanRB secara virtual. Turut berhadir pada rapat tersebut para asisten setda Tala dan para kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Tala. (rzk/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya