Pantun Harus Dilestarikan

Banjarmasin KP – Anggota DPRD Kota Banjarmasin DR (HC) Yunan Chandra mengatakan, tradisi pantun perlu dilestarikan sebagai salah satu warisan budaya bangsa Indonesia, khususnya di kalangan generasi muda.

Kepada {KP} Selasa (28/9/2021) ia mengemukakan, di lingkungan DPRD Kota Banjarmasin sendiri berbalas pantun sudah cukup lama menjadi sebuah tradisi.

” Terutama pada saat digelarnya rapat paripurna yang dihadiri Walikota Banjarmasin selalu diwarnai berbalas pantun,” ujarnya.

Anggota dewan dari Partai Nasdem ini juga mengatakan, bahwa Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) United Nations Educational,Organization, UNESCO) telah menetapkan pantun sebagai warisan budaya tak benda bangsa Indonesia.

” Keputusan ini diumumkan UNESCO pada Desember tahun 2020 lalu,” kata Yunan Chandra yang juga dikenal tokoh pendiri sejumlah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Kota Banjarmasin ini.

Berita Lainnya
1 dari 3.729

Menurutnya, keputusan yang diumumkan UNESCO itu tentunya merupakan sebuah tantangan bagi generasi muda untuk mengenal pantun dan melestarikannya.

Menyadari itu Yunan mengajak, generasi muda sesuai perkembangan dan perubahan zaman membiasakan berpantun dalam setiap aktivitas.

Tak terkecuali katanya, peran pemerintah merangkul seluruh pemangku kepentingan untuk melestarikan pantun.

“Sebab setelah ditetapkan, oleh UNESCO, masih ada sejumlah hal yang mesti dilakukan demi melestarikan budaya bangsa ini.” tandas Yunan Chandra.

Anggota dewan yang duduk di komisi IV diantaranya membidangi masalah pendidikan, kesehatan dan budaya ini menegaskan, pantun memiliki potensi nilai yang sangat tinggi di dalam budaya maupun seni yang dapat dapat digunakan dalam banyak aspek.

Selain itu pantun juga dapat digunakan untuk menyampaikan aspirasi, kritik, serta saran yang didalamnya mengandung makna dan pesan moral .(nid/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya