Pemko Data Anak Kehilangan Orang Tua Karena Covid-19

BPBD masih terus mencermati dan memilah data ratusan anak yang kehilangan orang tua karena meninggal terpapar Covid-19.

BANJARMASIN, KP – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin terus melakukan pendataan terhadap jumlah anak yang orang tuanya meninggal karena terpapar Covid-19.

Meski belum memiliki data akurat, namun BPBD Kota Banjarmasin memperkirakan selama pandemi Covid-19 ada ratusan anak di kota ini yang menjadi yatim atau yatim piatu.

” Datanya masih kita cocokan dan dikoordinasikan, namun dari data sementara selama pademi diperkirakan ada ratusan anak di Banjarmasin kehilangan orang tuanya yang meninggal karena terpapar Covid-19,” kata Plt Kepala BPBD Kota Banjarmasin Edy Wibowo.

Kepada {KP} Rabu (1/9/2021) Edy Wibowo juga tidak merincikan jumlah anak yang kehilangan kedua orang tuanya dan menjadi yatim piatu. Demikian juga kehilangan salah satu orangtua misal ayah (piatu) atau ibu( yatim).

Dia menjelaskan, BPBD masih terus mencermati dan memilah data ratusan anak yang kehilangan orang tua karena meninggal terpapar Covid-19.

Berita Lainnya
1 dari 3.568

Menurutnya pendataan dilakukan karena BPBD masih mengkoordinasikan dan mencocokkannya dengan data yang dimiliki instansi terkait lainnya diantaranya Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial.

” Koordinasi kecocokan data dilakukan sekaligus untuk penanganan selanjutnya sesuai arahan kebijakan ,yang diambil pemerintah pusat,” ujarnya.

Menyinggung bantuan sosial yang diberikan terhadap warga yang sedang menjalani isolasi mandiri (isoman), Edy Wibowo menjelaskan, Pemko Banjarmasin melalui BPBD belum lama ini sudah menyalurkan bantuan berupa kebutuhan sembako.

Dijelaskan, bantuan disalurkan termasuk ketika Kota Banjarmasin menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level IV dimulai awal Juli lalu.

” Total bantuan yang disalurkan kepada warga yang tengah menjalani isoman di lima kecamatan ketika itu sebanyak 300 paket ,” ujar Edy Wibowo yang juga menjabat Kabid Anggaran Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Kota Banjarmasin ini.

Edy Wibowo mengatakan, bagi warga yang sedang menjalani isoman, namun belum menerima bantuan diharapkan Ketua RT atau Lurah setempat untuk memfasilitasi warga bersangkutan dengan mendatangi BPBD Kota Banjarmasin. (nid/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya